Panduan Membangun Bisnis Kos-Kosan di Tengah Pandemi | Popmama.com

Passive income adalah penghasilan yang bisa anda dapatkan dengan tidak langsung. Artinya anda tetap bisa mendapatkan pemasukkanm bahkan saat anda tidak lagi aktif bekerja. Berbeda dengan active income, diman anda harus bekerja setiap harinya yang kemudian akan menerima gaji di akhir bulan.

Lantas, bagaimana cara mendapatkan passive income? Untuk mendapatkan passive income, anda bisa coba melakukan berbagai usaha.

Oleh karena itu, dalam kesempatan kali akan merekomendasikan beberapa jenis usaha yang bisa anda coba sebagai berikut:

  1. Investasi

Ada beberapa jenis investasi yang bisa anda coba, antara lain:

  • Saham

Jenis investasi lainnya yang bisa anda coba adalah saham. Saham sendiri merupakan kepemilikan atas suatu perusahaan. Dengan berinvestasi saham itu artinya anda menjadi salah satu pemilik perusahaan yang sahamnya anda beli.

 

Manfaat dari saham adalah untuk menambah aset di masa depan karena pada umumnya yang namanya perusahaan akan terus berkembang, sehingga membuat nilai sahamnya juga meningkat.

 

Selain itu, manfaat investasi saham lainnya adalah kenaikan margin laba yang signifikan. Artinya, apabila nilai harga saham yang anda investasikan semakin tinggi, maka margin laba yang akan didapatkan pun semakin besar. Bahkan, bukan tidak mungkin anda akan mendapatkan capital gain. Dimana, perusahaan pemilik saham akan memberikan bonus tunai atau lembar saham dengan gratis.

 

  • Reksa Dana

Dari segi potensi keuntungan memang investasi di reksa dana ini cukup besar, namun sebanding dengan risiko yang nantinya akan dihadapi. Dalam investasi ini, modal awal yang disetorkan di reksa dana akan dikelola oleh seorang manajer investasi. Dimana modal yang anda investasikan tersebut akan disebar pada beberapa produk yang berbeda.  Hal ini dilakukan untuk menurunkan risiko yang dihadapi bisa lebih rendah. Oleh karena itu, pastikan anda memilih perusahaan investasi yang tepat sejak awal. Dalam hal ini, pilihan perusahaan investasi yang memiliki reputasi dan bisa diandalkan.

 

  1. Jualan Online

Sekarang ini jualan secara online menjadi lebih mudah, karena anda bisa berjualan lewat medsosseperti di Facebook, Instagram, YouTube, Grup WA, dan lain sebagainya atau bisa juga di marketplace. Salah satu kelebihan dari jualan online ini adalah memiliki jangkauan pasar yang lebih luas. Selain itu, cara menjalankan jualan online ini cukup mudah, hanya dengan bermodalkan laptop dan koneksi internet anda sudah bisa menjalankan bisnis ini di rumah atau dimana saja anda berada.

 

  1. Vlogger di YouTube

Di era digital seperti sekarang ini, kita bisa melakukan apapun untuk mengekspresikan diri, salah satunya adalah dengan membuat konten video di YouTube. Dimana, anda bisa membuat konten vlog, ulasan produk, podcast, streaming game, dan masih banyak lagi.

 

Untuk mendapatkan uang dari vlogger konten video yang anda buat harus memiliki jumlah views dan subscriber yang memenuhi standar yang ditentukan Google. Namun, untuk mendapatkan jumlah views, subscriber, dan adsense yang banyak konten video yang anda buat harus menarik sesuai dengan audiens sasaran.

 

  1. Jual Stok Fotomu!

Bagi anda yang sauka berfoto-foto, baik hanya iseng atau memang menjadi profesi, ternyata bisa djual loh, yakni menjual foto-foto jepretan anda pada platform online. Foto-foto yang anda unggah nantinya dapat dibeli oleh para pembuat konten yang membutuhkan konten visual tambahan.

Demikialan artikel kali ini tentang cara mendapatkan passive income. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

By sartika