Wisata Pantai Ngobaran Yogyakarta: Lokasi, Rute, Harga Tiket, dan Tips

Pantai Ngobaran merupakan salah satu deretan pantai di pesisir selatan Gunungkidul yang memiliki keunikan tersendiri, selain panorama alamnya. Ada beberapa hal menarik dari pantai yang berada di Dusun Gebang, Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, sebagai berikut.

  • Suasananya seperti di Bali

Anda bisa melihat bangunan pura dan arca di pantai ini, sehingga suasana pantai sekilas memiliki kemiripan dengan Pulau Bali. Pura terbesar di Pantai Ngobaran adalah Pura Segara Wukir yang bukan sekadar ornamen.

Pura ini masih dipakai sebagai tempat beribadah umat Hindu. Bahkan, upacara keagamaan seperti Melasti diadakan di pura ini, menjelang hari raya Nyepi.

Sementara, arca terletak di sebelah barat pura, dan biasa dijadikan latar belakang foto bagi para wisatawan. Pantai ini memiliki candi yang terletak di antara pura dan arca, tetapi, candi ini bukan tempat ibadah umat Hindu. Namun, candi yang berada di pantai ini milik Keraton Yogyakarta.

  • Masjid yang Memiliki Mimbar Menghadap ke Selatan

Anda tidak hanya menemukan pura di pantai ini, tetapi ada juga masjid yang tidak jauh dari pura. Keunikan dari masjid ini yaitu mimbarnya menghadap selatan, umumnya mimbar masjid mengarah kiblat atau menghadap barat.

Lantai masjidnya sendiri adalah pasir putih, bukan ubin seperti masjid pada umumnya. Jika Anda berencana solat disini, sebaiknya membawa sajadah sendiri, agar lebih nyaman ketika bersujud.

Walaupun, mimbar masjid menghadap selatan, tetapi solat harus tetap menghadap arah barat atau kiblat. Biasanya, wisatawan Pantai Ngobaran melaksanakan solat di mushola lain yang ada di area pantai.

  • Terdapat Sumber Air Tawar

Keunikan lain yang tersembunyi dari pantai ini yaitu terdapat sumber air tawar yang terletak di tepi laut. Tetapi, aliran air tawar ini hanya dapat ditemukan saat air laut sedang surut.

Anda bisa menuruni tangga yang ada dari kawasan arca, untuk melihat sumber air tawar itu. Sampai di karang, Anda akan menemukan aliran air dari bawah tanah, dimana alirannya terlihat jelas saat air laut surut.

Jadi, air tawar ini akan membentuk kolam-kolam kecil di antara karang. Namun, sumber air tawar ini akan kembali terendam dengan air asin, jika air laut pasang

  • Sajian Kuliner Unik Landak Laut

Kuliner spesial yang bisa Anda dapatkan di pantai ini adalah landak laut yang bisa dibeli di warung sekitar pantai. Menurut masyarakat sekitar pantai, landak laut memiliki tekstur daging cukup kenyal dan lezat.

Bisa dikatakan, cita rasa landak laut memiliki kemiripan dengan perpaduan tiram dan kepiting. Tetapi, kuliner ini tidak selalu ada, karena hanya tersedia di waktu tertentu. Ketika waktunya tepat, maka landak laut akan memiliki daging yang banyak, jadi cocok digunakan sebagai bahan masakan.

Jika musimnya belum tiba, maka landak laut tidak mempunyai daging yang bisa dikonsumsi. Selain landak laut, Anda juga bisa menikmati aneka seafood, yang berasal dari hasil tangkapan masyarakat sekitar.

  • Banyak Spot Cantik di Pantai

Pada destinasi wisata ini, Anda akan melihat pantai yang dikelilingi tebing ditambah deburan ombak kencang yang menjadikan pemandangan eksotis. Tentu saja fenomena ini sayang untuk dilewatkan, salah satu spot foto cantik berada di puncak batu karang.

Selain menyimpan keindahan, Pantai Ngobaran memiliki sejumlah hal unik, yang mungkin saja baru Anda ketahui. Setelah mengetahui fakta unik mengenai pantai di Yogyakarta ini, apakah Anda tertarik untuk mengunjunginya?

By sartika