06/05/2021

Dari Hati

Dari Hati

Manfaat Masker Tomat, Bantu Cegah Penuaan Dini

5 Manfaat Masker Tomat, Bantu Cegah Penuaan Dini

Tomat merupakan salah satu buah yang kaya akan nutrisi dan baik. Tak hanya bermanfaat untuk tubuh, buah tomat juga bermanfaat untuk kulit. Manfaat masker tomat dinilai mampu membantu mengatasi berbagai masalah kulit. Ini dia beberapa manfaat masker buah tomat yang sayang untuk dilewatkan.

  1. Melindungi Kulit dari Sengatan Sinar Matahari

Tomat memanglah bukan tabir surya, namun kandungan di dalamnya memiliki efek perlindungan terhadap sinar matahari. Mengonsumsi tomat atau mengaplikasikannya ke kulit wajah mampu memberikan perlindungan dari sunburn yang disebabkan oleh paparan sinar UV. Meski demikian jangan lupa gunakan tabir surya dengan SPF 30 atau lebih tinggi.

  1. Mencegah dan Mempercepat Penyembuhan Jerawat

Tomat mengandung asam salisilat yang umumnya digunakan pada produk untuk kulit berjerawat. Manfaat masker buah tomat untuk kulit sendiri adalah untuk membersihkan dan eksfoliasi kulit guna menghilangkan sel-sel kulit mati yang menyumbat pori-pori. Kondisi inilah yang umumnya menyebabkan jerawat dan komedo.

Sedangkan kandungan vitamin A, C, K, dan sifat asam dari tomat bermanfaat untuk membantu mengurangi dan membersihkan jerawat dari kulit wajah. Bahkan penggunaan masker buah tomat secara rutin juga dipercaya mampu menyembuhkan jerawat dan mencegah jerawat datang kembali.

  1. Meningkatkan Produksi Kolagen

Sudah bukan rahasia lagi jika buah tomat kaya akan kandungan vitamin C. Kandungan ini bermanfaat untuk membantu meningkatkan produksi kolagen. Apabila diaplikasikan secara topikal ke area kulit, hal ini mampu membuat area kulit menjadi lebih sehat dan kencang.

Tak hanya itu saja, kandungan vitamin B juga mampu membantu mencegah penuaan dini. Jenis vitamin ini bermanfaat untuk mengurangi penuaan dini, garis-garis halus dan kerutan pada wajah. Bahkan vitamin B Juga ikut berkontribusi pada proses perbaikan sel. Vitamin ini mampu mengurangi hiperpigmentasi dan kerusakan akibat sinar matahari.

  1. Mengangkat Sel Kulit Mati

Masker buah tomat juga bermanfaat untuk membantu mengangkat sel-sel kulit mati pada wajah. Efek eksfoliasi membantu meningkatkan penampilan kulit dan menjaga kesehatan wajah. Bahkan buah tomat juga mampu bekerja sangat baik untuk memperbaiki tekstur wajah. Masker ini juga mampu menghilangkan minyak berlebih sehingga kulit segar lebih lama.

  1. Mengatasi Komedo Hitam

Umumnya komedo disebabkan karena produksi sebum yang berlebih dan menyumbat pori-pori. Pori-pori yang terbuka menjadi jalan masuk bagi polusi dan kotoran. Buah tomat membantu mengecilkan pori-pori dan mencerahkan kulit. Masker ini terbilang cukup efektif untuk mengangkat minyak berlebih, mengecilkan pori-pori, dan mengangkat komedo.

Nah di atas merupakan beberapa manfaat masker tomat untuk kulit wajah. Tak hanya lezat dan menyegarkan, ternyata buah tomat juga baik untuk digunakan sebagai masker wajah. Jadi tak adalah salahnya mulai gunakan masker buah tomat dari sekarang. Untuk hasil yang maksimal, gunakan secara rutin 2 sampai 3 kali dalam seminggu.