19/04/2021

Dari Hati

Dari Hati

Aneka Masakan Berbahan telur

Resep Semur Telur Sederhana yang Lezat dan Bikin Nafsu Makan

Ibu di rumah pasti ada yang memiliki anak yang suka telur. Telur juga baik untuk si anak, sehingga ibu di rumah juga bisa membuat masakan yang berbahan dasar dari telur. Berikut ada beberapa rekomendasi masakan berbahan telur yang bisa menjadi rekomendasi masakan di rumah. Yuk simak!

  1. Semur telur

Bahan yang dipakai untuk membuat semur telur adalah 5 telur yang sudah direbus dan dikupas, 4 tahu yang sudah dipotong segitiga dan digoreng. Bumbu semur telur membutuhkan 2 daun salam, 1 sereh geplek, 1 ruas lengkuas geprek, gula merah secukupnya, 1/2 sdt pala bubuk, lada bubuk, kecap manis, kecap asin, gula pasir, penyedap, bumbu halusnya kamu butuh  8 bawang merah 5 bawang putih 3 kemiri sangrai Ketumbar biji.

Cara membuatnya pertama kamu tumis bumbu halus hingga harum dan masukan pala bubuk salam sereh lengkuas tumis hingga harum. Kemudian masukan air secukupnya ke dalam tumisan bumbu dan beri gula merah. Tunggu mendidih masukan telur dan tahu kemudian masukan bumbu gula, garam, penyedap, gula pasir, kecap manis dan kecap asin. Lalu biarkan hingga bumbu meresap dan air sedikit menyusut. Cicipi rasanya, jika dirasa sudah pas, maka siap disajikan dan tabur dengan bawang goreng.

  1. Telur bacem

Pertama kamu siapkan bahan berupa 10 butir telur rebus yang sudah dikupas, 50 gram gula merah yang sudah disisir halus, 1 sdm air asam, 2 lembar daun salam, 1 gelas air kelapa, 1 liter air, 3 ruas lengkuas yang sudah dimemarkan, kecap manis secukupnya sesuai selera, 1 sdt garam, 1 sdm gula pasir. Untuk bumbu halusnya siapkan, 7 siung bawang merah, 3 buah cabai (optional), 4 siung bawang putih, 1 sdt ketumbar sangrai.

Cara masaknya pertama diidihkan air kemudian tambahkan air kelapa dan bumbu halus dan asak semua bahan sampai mendidih. Tambahkan daun salam, lengkuas, air asam, kecap manis, garam, gula pasir dan gula merah, kemudian aduk semua bahan dan biarkan garam serta gula larut.lalu masukkan telur yang sudah dikupas ke dalam panci berisi bumbu, rebus dengan api sedang hingga air menyusut dan warna telur berubah jadi cokelat. Kemudian rendam telur di dalam air rebusan bumbu semalaman atau 12 jam dan pastikan kamu menutup pancinya. Selanjutnya, angkat telur yang sudah dimasak bacem, untuk menambah kenikmatannya kamu bisa hangatkan kembali atau goreng kembali.

  1. Telur balado

Pertama kamu siapkan 5 butir telur ayam, air secukupnya, minyak secukupnya, 2 lembar daun jeruk. Untuk bumbu halusnya siapkan 7 siung bawang merah, 1 sdt gula pasir, 4 buah cabai rawit, 3 siung bawang putih, 10 buah cabai keriting,  7 buah cabai merah besar yang sudah dibuang isinya, Penyedap masakan secukupnya, 1 buah tomat, 1 sdt garam, 1 sdt terasi sangrai.

Untuk cara maemasaknya, pertama rebus telur hingga matang, lalu kupas kulit telur kemudian goreng dengan api besar supaya warna dan tekstur telur lebih bagus.. Haluskan semua bumbu kecuali daun jeruk. Kemudian panaskan minyak, tumis bumbu yang sudah dihaluskan sampai harum. Lalu tambahkan daun jeruk dan tambahkan sedikit air lalu aduk rata dan masak sampai mendidih. Masukkan telur yang sudah digoreng, masak selama beberapa menit sampai air cukup surut dan bumbu meresap.