Bagaimana cara mengelas baja?

Saat mempelajari cara mengelas baja, pertama-tama kita perlu menentukan jenis baja yang akan dilas dan ketebalan baja. Baja dasar biasanya baja ringan yang digunakan untuk sebagian besar tujuan struktural dan berbagai aplikasi lain seperti bodi otomotif, bangunan sasis, dan berbagai jenis peralatan.

Baja tahan karat di sisi lain terdiri dari komposisi logam yang berbeda dan membutuhkan peralatan khusus untuk pengelasan. Tes yang baik untuk membedakan baja ringan dari baja tahan karat adalah dengan mencoba memasang magnet pada logam. Baja tahan karat tidak bersifat magnetis seperti baja ringan.

Ada empat jenis teknik pengelasan yang dapat digunakan saat mempelajari cara mengelas baja dan adalah sebagai berikut.

Pengelasan gas.

Pengelasan gas atau oxy-acetylene jarang digunakan untuk mengelas baja akhir-akhir ini. Prosesnya mengharuskan kedua logam yang akan dilas dipanaskan dan dilebur bersama umumnya dengan bantuan telur pengisi yang juga terbuat dari baja. Paling baik digunakan untuk logam ringan dan lembaran logam.

 

Las busur atau tongkat.

Ideal untuk digunakan di rumah atau pemeliharaan. Tukang las busur dapat mengelas logam mulai dari tebal 1/8 (3mm) inci hingga tebal 1 inci (25mm). Sedangkan proses. Logam yang lebih tipis dapat dilas namun membutuhkan lebih banyak keterampilan. Tukang las tongkat menggunakan elektroda berlapis fluks yang digunakan untuk menghasilkan busur listrik atau sumber panas dan bertindak sebagai bahan pengisi untuk menyatukan baja.

Pengelasan Mig

Pengelasan mig adalah  tukang las Jogja cara termudah untuk mengelas baja. Tukang las mig beroperasi dengan cara yang mirip dengan tukang las busur kecuali elektroda dalam bentuk umpan kawat kontinu yang memungkinkan operator bekerja untuk waktu yang lama tanpa perlu mengganti kawat. Kawat las terdapat pada kumparan yang tersedia dalam berbagai ukuran tergantung pada mesinnya.

Tukang las mig juga menggunakan gas pelindung untuk mencegah kontaminasi di area las. Dengan tukang las busur ini mirip dalam arti dengan lapisan fluks pada elektroda las. Kebutuhan gas pelindung memang membatasi tukang las mig untuk portabilitas mesin dan tidak terlalu berguna jika mengelas dalam angin kencang karena gas tertiup angin. Namun sekarang ada kawat las inti fluks untuk penggunaan mig yang menghilangkan kebutuhan akan gas pelindung.

Tukang las mig dapat digunakan pada hampir semua ketebalan baja tergantung pada kekuatan mesin. Mereka ideal untuk belajar cara mengelas dan sangat baik untuk mengelas baja tipis seperti pada bodywork otomotif.

Pengelasan Tig.

Pengelasan tig adalah proses khusus yang membutuhkan keterampilan hebat oleh operator. Ideal untuk pekerjaan lembaran logam di mana diperlukan pengelasan yang presisi dan murni.

Meskipun mempelajari cara mengelas baja adalah proses yang cukup mudah, dasar-dasar pengelasan perlu dipelajari baik dari segi praktis maupun teoretis untuk memperbaikinya sejak awal. Banyak jam dapat terbuang melalui percobaan dan kesalahan pengelasan di mana beberapa pelajaran sederhana dapat membuat Anda mengelas dengan sangat baik dalam waktu singkat.