Cara Membuat Bayi Tidur Nyenyak

Mam pasti ingin ketahui langkah cepat menidurkan bayi tanpa rewel. Ya, menidurkan bayi supaya Sang Kecil bisa tidur pulas ialah idaman semua orang-tua. Keinginan orang-tua untuk menidurkan bayi dengan cepat akan mudah diwujudkan. Karena, bayi belajar dari lingkungannya.

Karena itu, orang-tua perlu membuat jam tidur bayi supaya bayi tidur pulas dengan bertahap. Hingga saat umurnya mencapai dua bulan ataupun lebih, dia telah mempunyai jadwal tidur semakin teratur.

Kenapa penting? Jika jadwal tidur bayi telah teratur, dia tidak gampang terjaga dan bisa tidur semakin lama serta lebih pulas. Dalam kata lain, tidurnya semakin lebih berkualitas.

Berikut 11 langkah supaya bayi tidur pulas tanpa rewel:

1. Mengatur agenda menyusu

Strategii dengan agenda menyusui yang akurat. Pilih waktu menyusui saat sebelum bayi tertidur dan saat bangun tidur, hingga saat tertidur bayi bisa lelap dengan nyenyak tanpa kerap terjaga karena lapar. Bayi juga tidur lebih pulas dan pulas.

Disamping itu, orang-tua seharusnya tidak gampang menggugah bayi yang tertidur nyenyak sekedar untuk menyusui. Ingat, bayi akan terjaga dari tidurnya saat dia lapar, akan buang air kecil (BAK) atau bab (BAB).

Karena itu, diamkan bayi saat sedang tertidur nyenyak. Sikap disiplin orang-tua akan menolong bayi mendapati skema tidurnya. Itu langkah simpel supaya bayi tidur pulas.

2. Ketahui pertanda mengantuk

Mengantuk sebagai tanda badan bayi mulai capek. Umumnya diikuti dengan menggosokikan mata, menghisap-isap jemari, menguap atau justru menangis (rewel).

Jika pertanda ini ada, selekasnya tidurkan bayi. Keadaan ini memberikan keuntungan untuk bayi menjadi lebih awalnya tidurnya dan tidak rewel. Ketahui pertanda supaya bayi tidur pulas.

3. Mengatur pencahayaan supaya bayi tidur pulas

Saat malam hari, redupkan lampu kamar supaya bayi belajar membandingkan di antara waktu siang dan malam. Keadaan itu akan menolong bayi untuk membuat skema tidurnya. Dengan penerangan yang redup, karena itu bayi akan gampang lelap.

Disamping itu, produksi hormon melatonin akan bertambah. Selainnya berguna untuk ketahanan tubuh, hormon ini menolong bayi untuk tidur.

4. Supaya bayi tidur pulas, mengatur temperatur ruang

Saat sebelum tidur, yakinkan temperatur udara cocok, hingga bayi nyaman untuk tidur. Setel temperatur secara tepat di kamar, tidak terlalu panas tetapi juga tidak begitu dingin. Jika Mam memakai pendingin ruang, setel temperatur lebih kurang 26°C.

5. Buat ritus tidur

Buat ritus tidur yang membahagiakan untuk bayi, seperti membacakan buku narasi atau mengelus-elus kepalanya. Pijatan halus dalam tubuh bayi yang sudah dilakukan saat sebelum tidur, sanggup membuat bayi berasa nyaman dan menolong tidurnya lebih pulas.

Untuk memperlancar pergerakan tangan saat memijat badan bayi, pakai minyak khusus pijat bayi yang biasanya berperan sekalian sebagai penghangat. Gosok secara halus daerah kepala sampai ke leher. Ini menjadi langkah cepat menidurkan bayi tanpa rewel.

6. Mandi dahulu sama air hangat supaya bayi tidur pulas

Membersihkan tubuh bayi saat sebelum tidur. Usap sama air hangat supaya badan bayi tidak lekat. Sesudah mandi, umumnya bayi akan gampang tertidur dengan nyenyak. Karena, rasa hangat akan membuat lancar perputaran dan saluran darah.

Juga saat bertepatan, terjadi pelemasan persendian, jaringan dan otot, hingga peredaran darah bisa bekerja dengan baik. Bayi juga jadi tenang dan nyaman.

7. Gunakan baju nyaman supaya bayi tidur pulas

Gunakan baju yang nyaman, sama seperti yang dengan bahan kaus atau katun yang gampang meresap keringat. Yakinkan ukuran cocok, tidak terlalu kecil atau besar. Jauhi baju dengan bahan sintetis karena tidak meresap keringat.

8. Putarkan musik

Putarkan musik pengantar tidur yang halus seperti lullaby atau musik classic. Beberapa lagu rohani yang halus cocok sebagai pengantar tidur.

Jika tidak ingin ribet, orang-tua bisa berdendang seperti menyanyikan lagu Nina Bobo sekalian digendong. Tetapi ingat lakukan supaya bayi tidak tidur dalam gendongan.

Saat hampir tertidur, tempatkan pada tempat tidur. Bila menangis, angkat kembali. Lantas tidurkan kembali.

Kesabaran orang-tua di sini benar-benar diperlukan untuk latih supaya bayi nanti bisa tidur sendiri atau kembali tidur sesudah terjaga.

9. Pasang kelambu supaya bayi tidur pulas

Bayi yang mana bisa tidur pulas jika banyak nyamuk beterbangan dan menggigiti kulit halusnya. Karena itu, usahakan ruang yang dipakai untuk tidur terlepas dari nyamuk. Atau, gunakan kelambu khusus untuk bayi sebagai perlindungan.

Dengan demikian, ini bisa menjadi satu diantara langkah cepat menidurkan bayi tanpa rewel.

10. Membedong, perlukah?

Ini ialah opsi. Andaikan Mam ingin membedong, cukup bedong dengan arah untuk menyelimuti supaya tubuhnya masih tetap hangat. Jadi jangan kuat hingga menghalangi geraknya. Bayi perlu bergerak lo dalam tidurnya. Sebenarnya, membedong penuh dengan faedah. Satu diantaranya kurangi imbas refleks kaget saat tidur.

Saat kaget, umumnya bayi akan terjaga. Karena ada bedong, dia akan gampang lelap kembali sebab menganggap Mam merengkuhnya. Disamping itu, membedong membuat status bayi selalu telentang, hingga meminimalisir imbas kematian tiba-tiba saat tidur karena tidur telungkup.