Fungsi atau manfaat tempe, siapa yang tidak mengenalnya? Makanan asli Indonesia ini secara bertahap mulai memperoleh popularitasnya di semua dunia. Di negara-negara Eropa serta Amerika, tempe sangat disukai khususnya oleh mereka yang vegetarian. Makanan yang berbahan dasar kedelai ini benar-benar bergizi dan juga kaya dengan protein.

Sama seperti tahu, tempe juga mempunyai kandungan segudang nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh. Keduanya sama – sama menjadi makanan yang menyehatkan, tapi tempe lebih unggul karena sistem fermentasinya. Sistem fermentasi ini membuat tempe jadi makanan dengan sumber probiotik, yaitu bakteri baik yang bisa membantu merawat kesehatan usus serta system kekebalan tubuh.

Fungsi Tempe bagi Kesehatan tubuh

 

Konsumsi tempe dengan cara teratur dapat memberikan fungsi yang positif untuk tubuh. Ada sebagian argumen kenapa tempe dikatakan sebagai makanan yang menyehatkan, salah satunya yaitu :

 

  1. Membantu menurunkan Kandungan Kolesterol Jahat

Mengutip dari laman Jasa Backlink Media Nasional, Tempe memiliki kandungan protein yang benar-benar tinggi. Tak seperti protein dari sumber hewani, protein dalam tempe memiliki fungsi tambahan dalam menurunkan kandungan kolesterol jahat (LDL) serta menambah kandungan kolesterol baik (HDL). Dengan kata lain, tempe memiliki potensi membantu menurunkan resiko terjadinya penyakit pada jantung, serta stroke. Tidak hanya menurunkan kandungan kolesterol, tempe juga bisa membantu menurunkan kandungan gula darah serta trigliserida pada pasien diabetes.

 

  1. Membantu menurunkan Tekanan Darah

Tempe mempunyai kandungan magnesium, di mana zat ini memainkan fungsi penting pada system kardiovaskular serta bertanggung jawab pada lebih dari 300 sistem metabolisme dalam tubuh. Magnesium berguna untuk menahan terjadinya pembekuan darah, menurunkan tekanan darah, melindungi kekuatan tulang, serta menolong menghambat terjadinya komplikasi yang berhubungan dengan diabetes.

 

  1. Membantu Melindungi Kesehatan System Pencernaan

Tempe juga memiliki kandungan serat makanan yang baik untuk tubuh. Serat berfungsi mengikat lemak serta kolesterol, sehingga tempe mempunyai potensi untuk membantu menurunkan serta mengontrol berat tubuh. selain itu, serat yang terdapat dalam tempe benar-benar berguna dalam melindungi kesehatan system pencernaan serta usus.

By Drajad