06/05/2021

Dari Hati

Dari Hati

Berapa Biaya Kuliah Kedokteran PTN UI

Dibandingkan bersama jurusan lain di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) UI , cost kuliah kedokteran juga paling mahal. Bahkan di dalam beberapa th. terakhir duit pangkal (apapun namanya) bisa capai puluhan sampai ratusan juta rupiah. Tingginya cost kuliah jurusan Kedokteran disebabkan operasional penyelenggaraan perkuliahan yang tinggi pula.

 

Penerapan model duit kuliah tunggal (UKT) yang dicanangkan pemerintah terasa th. ajaran 2013 tidak dan juga merta menurunkan cost pendidikan kedokteran sebab dicermati secara akumulatif selama jaman kuliah (8 Semester) UKT untuk kelompok III s/d V tetap relatif tinggi.

Namun sedikit banyak sistem ini memberikan keringanan pada cost pendidikan, yang paling kentara adalah pembebanan cost kuliah didistribusikan per semester. Sebelum diberlakukan UKT, pihak kampus membebankan duit pangkal atau duit gedung di dalam kuantitas khusus yang mesti dibayarkan sekaligus pada awal masuk kuliah.

 

Besar kecilnya cost kuliah yang ditanggung mahasiswa Kedokteran sangat tergantung pada Biaya Operasional Perguruan Tinggi Negeri (BOPTN) sebagai subsidi pemerintah pada Perguruan Tinggi tersebut. Pemberian BOPTN udah melalui formula khusus yang ditentukan Kemendikbud berdasarkan 4 indikator yakni Konstanta, Indeks Jenis Program Studi, Indeks Mutu PT, dan Indeks Kemahalan berasal dari propinsi PT berada.

Sebagai misal Universitas Indonesia (UI) pada th. 2013 mendapat dana BOPTN sebesar Rp 226.790.370.292, yang merupakan penerimaan terbesar dibandingkan PTN lain. Imbasnya cost kuliah atau UKT yang ditanggung mahasiswa baru paling tinggi Rp 7.500.000 pada kelompok V.

 

Termasuk juga Jurusan Kedokteran UI biaya kuliahnya hanya Rp 7.500.000 per semester tanpa dibebankan biaya lain-lain. Sebelum penerapan UKT biaya kuliah Kedokteran UI sebagai berikut (2012):

  • Biaya Operasional Pendidikan (BOP ) Rp 7.500.000 per semester
  • Dana Kesejahteraan dan Fasilitas Mahasiswa (DKFM) Rp 100.000
  • Uang Pangkal (UP) Rp 25.000.000
  • Dana Pelengkap Pendidikan (DPP) Rp 600.000

Baca juga : Bimbel Kedokteran UI

 

BIAYA KULIAH KEDOKTERAN TAHUN JALUR SNMPTN DAN SBMPTN

UKT Kedokteran Universitas Indonesia (UI)

 

Catatan:

  • UKT Kelompok I Rp 500.000
  • UKT Kelompok II Rp 1.000.000
  • Data di atas merupakan UKT untuk jalur reguler, untuk jalur mandiri ada beberapa perguruan tinggi yang membebankan lagi uang gedung/uang pangkal

 

ang Kuliah Tunggal Kedokteran

Berikut daftar uang kuliah tunggal (UKT) jurusan Kedokteran Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Indonesia yang dibebankan sebagai biaya pendidikan per semester mulai Tahun Akademik 2013:
Biaya-Kuliah-Pendidikan-Kedokteran