06/05/2021

Dari Hati

Dari Hati

Berikut Bahan Kertas untuk Packaging Karton Box

Ada banyak jenis kertas yang digunakan untuk buat paket kardus atau karton box. Type kertas yang sering dipakai adalah sheet gelombang (corrugated paper), kertas kraft, karton, kertas duplex, dan kertas laminasi.

1. Corrugated Paper / Kertas Sheet Gelombang

Corrugated paper atau kertas sheet gelombang kerap dipakai untuk buat paket kardus atau karton box yang mempunyai ukuran besar dan membutuhkan kekuatan yang baik. Seperti namanya, corrugated paper dibuat memiliki bahan kertas khusus dengan desain khusus yang dibikin oleh Pabrik Karton Box. Type dan kualitas kertas yang dipakai ada berbagai tipe. Menurut type kertasnya, ada dua barisan bahan corrugated paper yaitu:

Kraft

Kertas kraft ada yang warna cokelat (sering disebut kertas kraft) dan ada yang warna putih (white kraft). Biasanya dibuat dari gabungan pulp (bubur kertas) kayu pinus dengan serat memanjang (±60%) dan kertas daur ulang (±40%) dan ditambahkan bahan kimia untuk memperoleh watak khusus pada kertas. Kertas ini mempunyai karakter kuat, keras, dan daya serapnya rendah. Karenanya biasa dipakai di bagian luar corrugated paper yang berperanan memberi kekuatan jebol (burst strength) dan menahan kelembapan/basah (moisture resistance, wet strength). Terkecuali untuk bahan corrugated paper, kertas kraft kerap dipakai untuk buat paket berbentuk kantung, sak, pembungkus, amplop, dan sebagainya.

Media

Kertas media warna abu-abu. Biasanya dibuat dari kertas daun ulang yang ditambahkan bahan kimia tertentu. Karenanya kertas ini tidak sekuat kertas kraft dan mempunyai karakter lentur. Daya serapnya lebih baik dari kertas kraft, di mana ini akan memudahkan proses pengelemen ketika pembuatan corrugated paper. Kertas media biasa dipakai di bagian dalam yaitu sebagai kertas gelombang (flute) corrugated paper yang akan memberi kekuatan injakk/kelenturan (stacking strength, impact resistance) dan sebagai bantalan untuk meredam guncangan (cushioning, shock absorption).

Menurut beratnya, ada beberapa gramatur bahan kertas kraft atau media yang dipakai dalam pembuatan corrugated paper. Misalkan sebagai ini.

– Kraft : K125, K150, K200, K275, K300

– Media: M150 , M125

Berat kertas dihitung dengan memotong kertas ukuran 1 m x 1 m lalu ditimbang dengan unit gr. Sampai berat atau gramatur kertas memiliki unit gr/m2. Biasanya, semakin berat kertas bahan yang dipakai karenanya corrugated paper akan semakin tebal dan kuat.

Dengan ketahui type bahan kertas sheet gelombang (corrugated paper), karenanya kita dapat kalkulasi kekuatan daya injakk dan berat barang yang akan kita buntel dalam kardus/karton box. Optimis Anda tentukan bahan yang cocok saat mendesain kardus/karton box.

2. Paperboard / Kertas Karton

Kertas karton dibuat dari bubur kertas (pulp) mempunyai bahan kayu, kertas daur ulang, atau gabungan kedua nya. Kertas ini memiliki gramatur lebih dari 200 gsm dan bisa dibuat berlapis sampai makin kuat dan kuat. Umumnya mempunyai warna coklat dengan susunan yang berbagai. Ada yang halus, ada yang mempunyai struktur (kasar), dan yang diberi formasi khusus (laminated paperboard). Ukuran standar dari pabrik adalah A0 (plano), yang seterusnya dapat dipotong-potong kembali seperti kepentingan. Kertas karton uncoated tidak bisa diproses buat menggunakan mesin offset. Sebagai gantinya kita bisa menyablon atau melapisinya dengan bahan lain seperti artpaper, kertas kraft, dan sebagainya.

Kertas karton kerap dipakai untuk buat dus/box makanan, peralatan ATK, hadiah/bingkisan, box mainan, box pakaian, box peralatan elektronik, dan paket lainnya mempunyai ukuran tidak terlalu besar.

3. Kertas Duplex

Kertas ini mudah dikenali karena memiliki beberapa ciri khusus, yaitu diantaranya permukaan atasnya halus warna putih dan permukaan lain warna abu-abu kasar (Duplex Grey Back), walaupun ada pula kertas duplex yang kedua permukaan atasnya warna putih (Duplex White Back). Kertas duplex kerap dipakai untuk paket makanan/kue, dus nasi kotak, paket obat/kosmetik, paket pakaian, dan paket lainnya mempunyai ukuran kecil dan tidak membutuhkan kekuatan besar. Ada pula type kertas duplex food grade yang dipakai untuk buat piring kertas dan paket cepat hidangan (Duplex Board White Back). Kertas duplex khusus yang disebut Duplex Ultra White Coated Premium Board memiliki satu sisi permukaan putih yang halus dan licin dan sisi lain warna abu-abu dan kasar. Kita bisa bikin warna/ornamen pada bagian yang licin ini.

Gramasi kertas duplex bermacam jenis diawali pada 230 gsm sampai 450 gsm. Seperti kertas karton, ukuran standar dari pabrik adalah A0 (plano). Walaupun kurang kuat (mudah remuk) dan daya resapnya besar (mudah ditembus cairan), dus mempunyai bahan kertas ini betul-betul populer karena harga terjangkau, mudah dibikin, dan mudah dibuat menggunakan mesin buat offset atau disablon.

4. Kertas Laminasi

Seperti namanya, kertas laminasi memiliki formasi tambahan sebagai pelindungan kertas dari air, minyak, dan kotoran/debu. Laminasi memberi beberapa kesan menarik dan terbatas pada paket. Ada berbagai tipe type kertas yang terhitung barisan ini. Misalkan adalah kertas ivory yang formasi luarnya berkilau biasa dipakai untuk mengemas beberapa produk yang harapkan beberapa kesan khusus seperti produk kosmestik, beberapa obat, makanan/kue, pakaian, dan sebagainya.

Terkecuali menggunakan bahan kertas laminasi, kita juga bisa menambahkan laminasi pada bahan paket sebagai finishing pembuatan dus. Misalkan adalah memberi laminasi plastik (plastik laminating BOPP, baik yang glossy/berkilau atau BOPP doff/matte), dan laminasi UV (formasi kilap sama di dalam sampul buku).

Apa bahan kertas yang dipakai untuk paket karton box, optimis seperti arah, desain, dan type produk yang akan Anda buntel.

Jika Anda membutuhkan pertanyaan dan konsultasi perihal pembuatan Karton Box, jangan sungkan untuk menghubungi kami Pabrik Kardus, kami senantiasa membantu anda dan memberikan solusi yang terbaik untuk kebutuhan Packaging Anda, Klik tautan WhatsApp ini untuk berdiskusi dengan kami. WhatsApp