21/06/2021

Dari Hati

Dari Hati

Cara Atur Keuangan Agar Bebas Dari Masalah Finansial

Cara Atur Keuangan Agar Bebas Dari Masalah Finansial – Setiap orang ingin dapat hidup dengan baik, tanpa masalah keuangan.

Namun sayangnya, banyak orang mengalami masalah Keuangan yang cukup rumit. Bahkan karena masalah ini, hubungan rumah tangga berantakan. Bebas dari masalah keuangan sebenarnya tidak terlalu sulit untuk dilakukan. Jika Anda konsisten dan mau bekerja keras, hidup Anda pasti akan menuju ke arah yang lebih baik.

Bagaimana cara mengelola keuangan agar Anda terbebas dari masalah keuangan?

Siapkan Dana Darurat

Perencanaan keuangan adalah suatu keharusan. Setiap awal bulan, Anda diharuskan membuat perencanaan keuangan, menyediakan anggaran, mengklasifikasikan kebutuhan dasar, hingga menyiapkan anggaran hiburan. Tidak hanya itu, Anda juga harus mengalokasikan dana untuk tabungan dan investasi. Dan yang terpenting, siapkan dana darurat.

Besaran dana darurat sendiri bisa disesuaikan dengan kemampuan. Tapi idealnya dana darurat harus tersedia tiga kali lipat dari total pendapatan bulanan Anda. Penting untuk diingat, dana darurat merupakan salah satu indikator kesehatan keuangan Anda. Meski tidak memiliki utang, tanpa dana darurat, keuangan Anda belum bisa dikatakan sehat.

Mengadopsi Gaya Hidup Sederhana

Biaya hidup sebenarnya sangat murah, yang mahal itu gaya hidupnya. Seberapa sering Anda membaca atau mendengar ungkapan ini? Bukan isapan jempol, faktanya banyak orang yang kesulitan keuangan karena terlalu sibuk mengejar gaya hidup mewah. Jika tujuannya untuk bertahan hidup, sebenarnya Anda hanya perlu memenuhi kebutuhan dasar, termasuk sandang, pangan, dan papan.

Dari segi keuangan, usahakan untuk tetap melihat ‘bawah’. Lihatlah bagaimana kehidupan orang-orang yang kurang beruntung, banyak dari mereka yang penghasilannya jauh lebih kecil dari kita, tetapi masih bisa hidup bahagia, damai dan mereka seolah menjalani hidup ini tanpa beban. Demikianlah informasi tentang cara atur keuangan agar bebas dari masalah finansial semoga bermanfaat.

Sumber: Litetekno

Baca Juga : Cara Mengembalikan Chat WhatsApp yang Terhapus