Jika kamu mau melangsungkan prosesi pernikahan dengan adat Jawa, maka persiapkan isi seserahan pernikahan kamu sekarang juga. Sebab, untuk mempersiapkan seserahan pernikahan butuh modal dan persiapan yang matang. 

Cara Membungkus Isi Seserahan Pernikahan Agar Terlihat Cantik

Untuk menghias dan membungkus seserahan yang akan kamu berikan pada calon pasanganmu juga tidak boleh sembarangan. Butuh tips dan trik khusus agar seserahan pernikahan kamu terlihat cantik dan indah dipandang mata. Makanya, coba kamu terapkan tips berikut ini. 

Tips Membungkus Seserahan Pernikahan 

Dalam adat Jawa, memberi seserahan adalah hal yang sakral. Maka dari itu, kamu tidak boleh asal-asalan saat memberikannya pada calon pasanganmu kelak. Supaya pantas, tentu kamu harus membungkusnya secantik mungkin. 

Ada beberapa tips yang bisa kamu terapkan saat membungkus parcel seserahan pernikahan. Begitupun dengan memilih isi seserahan pernikahan adat Jawa, tentu ada tipsnya juga. Berikut ini adalah cara-cara yang bisa kamu pakai saat membungkus seserahan: 

1. Menentukan Barang Seserahan

Hal pertama yang harus kamu lakukan sebelum membungkus seserahan lamaran tunangan atau pernikahan adalah menentukan barangnya. Dalam adat Jawa, ada beberapa barang yang wajib diberikan saat seserahan. Mulai dari makanan, perlengkapan pribadi, sampai mas kawin. 

Selain jenis barang, kamu juga perlu menentukan jumlah seserahan yang mau dibawa. Menurut adat Jawa, jumlah seserahan yang ideal adalah yang berjumlah ganjil. 

2. Pisahkan Seserahan Sesuai Jenisnya

Setelah selesai menentukan barang seserahan pernikahan mewah yang mau kamu bawa, pisahkan barang seserahan sesuai jenisnya. Jenis isi seserahan yang dipakai biasanya adalah buah-buahan, perlengkapan ibadah, daun suruh ayu, perlengkapan kosmetik, dan lainnya. 

Berbagai jenis seserahan ini tidak boleh digabung. Kamu harus memisahkan isi seserahan tersebut menurut jenis-jenisnya. 

3. Siapkan Bahan-bahan untuk Membungkus Seserahan

Selanjutnya, siapkan bahan-bahan yang mau dipakai untuk membungkus isi seserahan. Sebaiknya pakailah bahan-bahan yang gampang dicari. Kamu bisa memanfaatkan gunting, wadah atau kotak yang masih layak pakai, dan bungkus plastik bening. 

4. Bungkus Seserahan Sesuai Tema

Sebelum membungkus isi seserahan lamaran makanan dan yang lainnya, kamu perlu mempersiapkan dulu tema apa yang mau dipakai. Pertimbangkan pula untuk menghias seserahan kamu dengan beberapa aksesoris. Tapi, usahakan jangan berlebihan. 

Pakailah satu atau dua kain pita saja sebagai hiasan seserahan. Kamu bebas memilih jenis pita apapun, asalkan pita yang dipakai sesuai dengan tema. 

5. Gunakan Teknik saat Membungkus Seserahan

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, membungkus seserahan tidak boleh dilakukan sembarangan. Makanya, ada teknik-teknik yang bisa kamu terapkan saat membungkus seserahan. Salah satu tekniknya adalah teknik lining atau alas. 

Beberapa orang lebih suka memakai teknik melipat satu lining. Namun beberapa orang yang lain lebih suka memakai teknik yang menggabungkan dua warna lining sekaligus. Cocokkan saja tekniknya dengan selera kamu. 

Demikian uraian singkat tentang cara membungkus isi seserahan pernikahan untuk acara pernikahan kamu. Semoga bisa bermanfaat buat kamu yang bingung mencari cara membungkus parcel seserahan. Selamat mencoba!