Electrical Connector adalah perangkat elektromekanis yang digunakan untuk menghubungkan konduktor listrik dan membawa dampak sirkuit listrik. Kebanyakan konektor listrik mempunyai model kelamin – yaitu komponen laki-laki, yang disebut steker, terhubung ke komponen perempuan, atau soket. Sambungan dapat di lepaskan (seperti untuk peralatan portabel), butuh alat untuk perakitan dan pelepasan, atau bermanfaat sebagai kelanjutan listrik permanen antara dua titik. Adaptor dapat digunakan untuk menyambungkan konektor yang berbeda.

 

Jenis Electrical Connector

Ada dua wujud connector listrik yang paling sering dipakai yaitu wujud bulat ( circular connector ) dan wujud bulat ( rectangular connector) dan terhadap anggota ini yan cobalah di tampilkan adalah connector bersama dengan brand nanaboshi dari jepang seperti Kalibrasi Flow Meter, harting connector dari german, sibas connector dari china dan hirose connector dari jepang.

Konektor listrik adalah perangkat elektromekanis yang digunakan untuk menghubungkan konduktor listrik dan membawa dampak sirkuit listrik. Kebanyakan konektor listrik mempunyai model kelamin – yaitu komponen jantan, yang disebut steker, terhubung ke komponen betina, atau soket. Sambungan dapat di lepaskan (seperti untuk peralatan portabel), butuh alat untuk perakitan dan pelepasan, atau bermanfaat sebagai kelanjutan listrik permanen antara dua titik.

Fungsi Electrical Connector

Adaptor dapat digunakan untuk mencampurkan konektor yang berbeda. Ribuan konfigurasi konektor dibuat untuk daya, data, dan aplikasi audiovisual. Konektor listrik dapat dibagi menjadi empat kategori dasar, yang dibedakan berdasarkan fungsinya:

Konektor inline atau kabel terpasang secara permanen ke kabel, supaya dapat dipasang ke terminal lain (baik instrumen stasioner atau kabel lain)

Sasis atau konektor panel terpasang secara permanen ke peralatan supaya pengguna dapat menghubungkan kabel ke perangkat stasioner Konektor dudukan PCB disolder ke papan sirkuit tercetak, menyediakan titik untuk pemasangan kabel atau kawat. (misalnya header pin, terminal sekrup, konektor papan-ke-papan)

Konektor splice atau butt (terutama konektor pindahan isolasi) yang secara permanen menghubungkan dua panjang kawat atau kabel Dalam komputasi, dianggap sebagai antarmuka fisik dan merupakan anggota dari susunan fisik didalam model jaringan OSI.

By toha