Ketika hendak lamaran, tentunya budget merupakan hal utama dan paling penting untuk dipersiapkan. Banyak anggaran dana yang perlu Anda persiapkan untuk lamaran, salah satunya adalah mempersiapkan cincin lamaran. Sebelum itu, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu berapa harga cincin lamaran yang ada di pasaran. 

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Harga Cincin Lamaran

Perlu Anda ketahui bahwa dari waktu ke waktu harga emas selalu mengalami kenaikan. Hal ini berpengaruh juga terhadap harga cincin yang terbuat dari emas. Tentunya hal ini akan mengakibatkan harga cincin emas yang juga selalu berubah-ubah setiap waktunya. 

Secara umum, harga sebuah cincin lamaran biasanya dimulai dari kisaran 500.000-an hingga puluhan juta pun ada. Hal ini dikarenakan ada beberapa faktor yang mempengaruhi harga cincin lamaran tersebut. Lantas, apa saja faktor-faktornya? Berikut penjelasan lebih lanjut mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi harga cincin lamaran. 

  • Kadar Emas 

Per diketahui bahwa di dalam satu lingkaran cincin yang utuh, tidak sepenuhnya terbuat dari emas. Secara umum kadar emas yang berada di dalam sebuah cincin emas biasanya 70% hingga 99% dan sisanya bukan terbuat dari emas. Makin tinggi kadar emasnya, maka akan semakin tinggi pula harganya. 

  • Kandungan Karat 

Karat merupakan satuan dari kandungan emas yang ada di dalam cincin. Umumnya cincin yang beredar di pasaran memiliki kandungan karat mulai dari 18 karat sampai 24 karat. Tentu saja semakin tinggi jumlah karatnya, maka akan semakin tinggi pula harganya. 

  • Bahan Pembuatan 

Saat ini, telah tersedia banyak variasi bahan yang dipakai untuk pembuatan sebuah cincin. Mulai dari emas kuning, emas putih, rose gold, palladium, hingga platinum. Adanya perbedaan bahan pembuatan dari setiap cincin, tentunya menghasilkan harga yang berbeda-beda pula. 

  • Model Cincin

Kini, trend model cincin juga telah mengalami banyak perkembangan dan perubahan. Cincin yang memiliki banyak aksen, tentu memiliki harga jual yang lebih mahal. Sedangkan, cincin yang memiliki sedikit aksen atau polos pasti harganya akan lebih murah daripada yang memiliki banyak aksen. 

  • Berat Cincin 

Berat sebuah cincin juga menjadi faktor yang mempengaruhi harganya. Makin berat cincin yang akan dibeli, maka harganya pun akan semakin mahal. Umumnya berat cincin untuk lamaran berkisar antara 2 sampai dengan 6 gram. 

  • Merek Cincin

Merek cincin yang terkenal umumnya memiliki harga jual yang jauh lebih mahal. Hal ini berbeda dengan merek cincin yang biasa-biasa saja, dimana harganya tentu lebih terjangkau. Namun, cincin dengan merek yang terkenal bisanya memiliki kualitas yang lebih bagus dan tidak mudah rusak atau lebih awet. 

Nah, itulah dia beberapa faktor yang mempengaruhi harga cincin lamaran. Uraian di atas bisa Anda pahami agar tahu faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi harga sebuah cincin lamaran. Semoga bisa membantu Anda untuk mencari cincin lamaran yang lebih tepat ya!