Apa yang Anda pikirkan saat mendengar kata leadership? Leadership merupakan salah satu proses yang dapat dilakukan untuk mempengaruhi orang lain agar mencapai tujuan utamanya. Tentu saja, akan ada banyak fungsi utama leadership tersebut. Sayangnya, tidak banyak orang yang mengetahui fungsinya.

Fungsi Utama Leadership

Berbagai Fungsi Utama Leadership

Adanya kepemimpinan dalam sebuah perusahaan tentu akan mendapatkan banyak manfaat. Selain itu, ada banyak juga fungsi dari leadership atau kepemimpinan itu sendiri. Di bawah ini merupakan beberapa fungsinya yang bisa diketahui lebih lanjut:

  1. Fungsi Partisipatif

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, bahwa ada banyak fungsi yang bisa Anda peroleh saat mendapatkan kepemimpinan/leadership. Salah satunya adalah fungsi partisipatif. Yakni sebuah kesediaan pemimpin agar tidak berpangku tangan pada saat bawahan melaksanakan keputusannya.

Dalam hal ini, seorang pemimpin juga tidak boleh membuat keputusan kemudian langsung memerintah untuk melaksanakannya. Pemimpin perlu membuat keputusan dengan pertimbangan yang baik kemudian ikut serta juga dalam proses pelaksanaannya.

  1. Fungsi Konsultatif

Saat ini pemimpin tentu sering membutuhkan bahan pertimbangan sebelum mengambil sebuah keputusan. Tidak heran jika mereka harus berkonsultasi terlebih dahulu kepada bawahan yang dipimpin. Adanya konsultasi tersebut dapat dilakukan agar memperoleh hasil yang tepat.

Adanya fungsi konsultatif ini sendiri membuat kepemimpinan tersebut berlangsung dengan sifat komunikasi dua arah. Meski begitu, tetap saja pelaksanaannya akan sangat tergantung dengan pemimpinnya sendiri dibandingkan dengan bawahan.

  1. Fungsi Instruktif

Seorang pemimpin perlu mengambil keputusan agar dapat memerintahkan pelaksanaannya kepada bawahannya. Pemimpin sendiri juga perlu menjadi komunikator yakni pihak yang menentukan apa saja yang perlu diperintah kepada bawahan. Jika masih belum bisa, maka ikuti saja training leadership.

Terlebih pemimpin juga perlu menentukan bagaimana cara mengerjakan perintah tersebut, kapan waktu melaksanakan perintah, dimana tempat melaksanakan perintah, kemudian membuat hasil laporannya. Dengan begitu, setiap keputusan dapat dipenuhi dengan efektif.

Itu tadi berbagai fungsi utama leadership yang tidak banyak orang ketahui. Tentu saja, masih ada banyak fungsi dari kepemimpinan tersebut. Pastinya dengan kepemimpinan yang baik dan berkualitas tentu akan mendapatkan hasil yang berkualitas pula.

By doni