Gunung Guntur

Gunung Guntur Bila dengar nama Garut, kebanyakan yang terpikir dalam ingatan yaitu kulineran uniknya, ialah dodol garut. Akan tetapi, nyatanya satu diantara kabupaten di Jawa Barat ini punya alternatif tempat liburan yang bervariasi. Dimulai dengan liburan kebiasaan, pantai, sampai gunung bisa kamu menelusur di lokasi ini.

Buat pelawan adrenalin, kamu dapat melaksanakan pendakian ke Gunung Guntur sebab punya keutamaan ketimbang gunung yang lain. Benar-benar, gunung ini diputari oleh beberapa gunung yang lain, seperti Gunung, Gunung Cikuray, Gunung Papandayan, Gunung Masigit, serta Gunung Parupuyan. Akan tetapi keutamaan berikut bakal bikin kamu semakin lebih berkeinginan untuk lekas mendaki Gunung Guntur.

Spot terhebat buat saksikan matahari muncul

Bila pengin mendapatkan titik terhebat buat nikmati kejadian sunrise di Tanah Pasundan, Gunung Guntur mesti jadi alternatif. Pendaki kebanyakan berniat merencanakan jam kunjungan biar datang di pucuk sebelumnya pagi hari. Dikarenakan, kamu dapat saksikan panorama matahari muncul dengan kemilau cahayanya yang mengagumkan. Sejalan mentari yang selalu meninggi, kecantikan gunung ini lantas gak menyusut sedikit lantas . Sehingga membuat ucapkan syukur dech sebab masih dikasihkan peluang buat nikmati mahakarya Tuhan yang demikian memukau.

Miniatur Gunung Semeru

Gunung ini disebut yaitu miniatur Gunung Semeru sebab punya kecocokan ciri-ciri. Masalahnya ke-2  gunung ini punya tanjakan berwujud pasir, kerikil, serta batu-batuan waktu sampai pucuknya. Ciri-ciri tanah itu lantas bikin medan pendakian Gunung Guntur cukup menentang sebab termasuk bentang merasakan longsor waktu diinjak. Maka dari itu, pendaki mesti begitu berhati-hati biar tak merasakan perihal beresiko. Semestinya kamu memanfaatkan sepatu gunung, bukan sandal gunung, supaya dapat menyesuaikan dengan bagus dengan situasi lajur pendakian.

Ruang camping yang luas

Camping di Gunung Guntur adalah pekerjaan yang tidak ditinggalkan oleh pendaki. Ditambah lagi, gunung ini menjajakan ruang pendirian tenda yang cukuplah luas. Sayang, kamu mesti cerdas dalam mengolah tenda. Pemicunya, tanah yang berbatu jadi pencegah buat mendapatkan posisi yang sesuai. Bila kekurangan area kosong, pendaki lantas mesti dirikan tendanya di atas ruang yang cukup miring.

Punya dua kawah

Kaldera di Gunung Guntur adalah satu diantara pertunjukan yang sangat bagus untuk disinggahi. Hasil letusan luar biasa itu menjajakan panorama elok waktu pendakian. Menariknya, kamu dapat saksikan dua kaldera besar serta dalam itu. Kawah pertama, ialah Kaldera Pangkalan ada dalam sisi timur. Kebalikannya, kawah ke-2 , ialah Kaldera Gandapura ada dalam sisi barat gunung. Pemandangan jejak tapak histori vulkanis itu yang pasti membuat pengalamanmu mendaki di sini semakin lebih terkesan, dech!

Ada empat pucuk dengan kepribadian tidak sama

Gunung Guntur menghidangkan empat pucuk buat ditundukkan dengan kepribadianistiknya semasing. Pucuk pertama, Pucuk Guntur adalah pucuk dengan padang savana yang kerapkali menjadi posisi perkemahan. Disini, pendaki dapat saksikan kejadian sunrise secara prima dengan latar belakang pemandangan Kota Garut, Gunung Cikuray, serta Gunung Papandayan. Diluar itu, kawah yang luas pun ada dalam pucuk ini. Buat pengalaman gak terabaikan yang lain, kamu bisa mendapatkan babi rimba liar selaku obyek photography. Namun, berhati-hati ya, tak boleh taruh barang di luar tenda bila tak ingin terganggu oleh hewan itu.

Setelah itu di pucuk ke-2 , ialah Pucuk Kabuyutan punya tugu GPS dari pakar vulkanologi. Panoramanya lantas gak kalah mengagumkan. Kamu dapat lihat pekerjaan perkemahan di Pucuk Guntur dan kawahnya dari status yang makin tinggi. Tanah di pucuk ini lantas mempunyai kandungan belerang maka berasa panas. Asap yang dikeluarkan dari dalam tanah dapat menjadi medan buat menghangatkan tubuh.

Setelah itu, Pucuk 3, ialah Pucuk Parupuyan serta Pucuk 4, ialah Pucuk Masigit tak punya tugu spesifik. Akan tetapi ke-2  pucuk yang ada dalam sisi timur ini punya pemandangan yang gak kalah eloknya, lho.

Padang savana yang menarik

Keutamaan Gunung Guntur pun berada di lokasi padang savana. Spot ini tergolong sangat instagramable sebab banyak sekali savana elok. Tenaga yang terkuras habis waktu pendakian lantas berasa diisi ulangi dengan kecantikan ilalang di padang savana ini.

baca : Kepulauan Karimunjawa, Eloknya Potongan Surga di Selat Jawa

Komunitas alami tanaman jarang

Kemajemukan hayati di gunung ini lantas termasuk cukuplah tinggi. Pendaki bisa menemui tanaman pinus, cantigi serta sejumlah tanaman edelweiss. Sampai, tanaman jarang insektivora, kantong semar (Genus Nephentes) lantas dapat ditonton waktu mendaki Gunung Guntur. Buat satwanya, gunung ini adalah komunitas buat hewan liar, seperti babi rimba, ular, harimau serta macan kumbang . Sehingga,masih hati-hati, ya!

Mata air serta air terjun yang fresh

Sumber air di Gunung Guntur cukup meluap sampai di pos 3 atau ruang perkemahan. Ada saluran sungai yang jernih yang bisa jadikan persediaan sampai datang di pucuk. Gak cuma itu, pendaki bisa nikmati keeksotisan air terjun Curug Citiis dengan airnya yang sejuk. Kamu dapat mandi maupun ambil air selaku bahan bekal tuju pucuk gunung, ya!

baca juga : pulau papatheo jakarta

Saksikan kecantikan kota Garut dari ketinggian
Tak boleh salah, ya, kecantikan Gunung Guntur gak cuma terpancar waktu pagi, siang atau sore hari saja. Panorama gunung ini masih dapat dicicip bila malam datang. Kamu dapat menyaksikan kerlap-kerlip bintang atau saksikan galaksi Bima Sakti. Panorama Kota Garut dari sinaran lampu pun tampak terang dari ketinggian pucuk Gunung Guntur.

Yang pasti kamu akan tidak rugi dech bila mendaki Gunung Guntur ini. Persiapkan semua hal sebelumnya mendaki, dimulai dengan situasi fisik, moral, serta alat pendakian