18/04/2021

Dari Hati

Dari Hati

Kredit HP di Kredivo vs Home Credit, Apa Bedanya?

 Berbagai seri HP terbaru mulai dari yang entry level sampai high end udah mulai rilis nih. Ada yang tergiur buat ganti HP baru atau berencana ngambil kredit HP tanpa uang muka, mungkin?

Dengan adanya aplikasi kredit kayak Kredivo dan Home Credit, tentunya hal itu udah gampang banget diwujudin. Terlebih, Kredivo dan Home Credit adalah dua aplikasi kredit unggulan yang namanya udah populer di pasaran dan mungkin pernah kalian dengar.

Namun perkara kredit, kita pastinya mau dapat best deal supaya angsurannya makin pas di kantong, dong? Kalo dikasih pilihan antara kredit pake Kredivo atau Home Credit kira-kira kamu bakal pilih yang mana?

Sebelum dijawab dan supaya milihnya tepat, pastinya kita harus tau dulu: emang apa sih bedanya Kredivo dan Home Credit untuk urusan perkreditan HP? Berikut ini ulasannya. Disimak, yaa.

Beda opsi pilihan merchant antara Kredivo dan Home Credit

Sebelum ngomongin hal penting kayak syarat daftar, cara pengajuan kredit, sampai bunga dan tenor, saya mau bahas dulu hal yang menurut saya cukup menarik: pilihan merchant. Kredivo dan Home Credit adalah aplikasi kredit online (multifinansial) yang menggandeng banyak merchant sebagai mitra. Hal ini juga menjadi keunggulan dari masing-masing aplikasi. Makin banyak merchant mitranya, akan makin menarik kalo buat saya pribadi.

Contoh: saat ini, Kredivo sudah bermitra dengan 1000+ merchant online dan offline yang ada di Indonesia. Yang populer ada Lazada, Bukalapak, Tokopedia, Blibli, Bhinneka, JD.id, dll. Untuk kategori gadget kayak HP, ada juga toko offline kayak Erafone, iBox Erajaya Group, Electronic City, Xiaomi Store, Sentra Ponsel, Okeshop sampai Samsung Store.

Home Credit pun demikian. Saat ini sudah menggandeng mitra merchant online dan offline yang kurang lebih sama dengan Kredivo. Namun, untuk kategori merchant online/e-commerce, Kredivo lebih unggul karena jumlahnya lebih banyak. Di mana Home Credit saat ini baru bermitra dengan Tokopedia dan Bukalapak untuk e-commerce.

Kalo kamu mau kredit HP di Tokopedia, bisa pertimbangin pake Kredivo atau Home Credit. Tapi, kalo mau kredit di Lazada atau Bhinneka, maka saat ini Kredivo yang ready.

Beda syarat daftar kredit antara Kredivo dan Home Credit

Bukan layanan kredit namanya kalau nggak ada syarat-syarat yang harus dipenuhin sebelum pengajuan. Karena berbasis online, baik Kredivo maupun Home Credit sama-sama menerapkan syarat daftar dan pengajuan yang cukup mudah.

Kalo mau daftar Kredivo, kamu harus:

  1. Merupakan WNI berusia 18 – 60 tahun.
  2. Punya pendapatan tetap per bulan sebesar Rp 3 juta minimal.
  3. Berdomisili di wilayah Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Semarang, Palembang, Medan, Bali, Yogyakarta, Solo, Makassar, Malang, Sukabumi, Cirebon, Balikpapan, Batam, Purwakarta, Padang, Pekanbaru, Manado, Samarinda, dan Kediri.

Kalo mau daftar Home Credit, kamu harus:

  1. Berusia di atas 19 tahun jika sudah menikah.
  2. Berusia minimal 21 tahun jika masih lajang.
  3. Punya pendapatan tetap minimal Rp 1,5 juta per bulan jika berdomisili di luar Yogyakarta dan Semarang.
  4. Punya pendapatan tetap minimal Rp 1,2 juta jika berdomisili di wilayah Yogyakarta dan Semarang.
  5. Punya KTP asli dan 1 dokumen pribadi pendukung.

Setelah memenuhi syarat, langkah berikutnya yang harus dilakukan adalah download aplikasinya kemudian daftar sesuai instruksi. Mulai dari mengisi form data diri sampai upload dokumen-dokumen yang dibutuhin kayak KTP, KK, sampai bukti penghasilan.

Kalo udah punya akun dan limit dari Kredivo atau Home Credit, tapi pengennya kredit HP di gerai offline, gimana?

Ya kamu tinggal dateng aja ke gerainya dan bawa serta aplikasi Kredivo atau Home Credit yang udah login ke akunmu. Tinggal transaksi sesuai limit, lalu scan barcode/minta proses ke kasir untuk pembayaran via aplikasi kredit. Beres, deh.

Beda limit, suku bunga, dan tenor kredit antara Kredivo dan Home Credit

Kredivo bisa memberikan limit kredit hingga Rp 30 juta, sedangkan Home Credit hingga Rp 25 juta. Dengan suku bunga kredit hanya 2,6% per bulan, Kredivo menawarkan opsi tenor 3, 6, dan maksimal 12 bulan buat kredit barang, termasuk HP. Minimum pembelanjaan untuk kredit pakai Kredivo adalah Rp 1 juta tanpa uang muka. Jadi, kalo kamu mau kredit HP, pastiin harganya minimal Rp 1 juta ke atas ya.

Di Home Credit, sejauh informasi yang saya cari, belum menyediakan opsi kredit HP tanpa uang muka. Kalo mau kredit HP dan barang lain pake Home Credit, ada sejumlah uang muka yang harus kita bayar. Suku bunganya juga bervariasi sesuai jumlah transaksi, mulai dari 0% sampai 3,99%.

Dari sisi bunga, kalo buat saya pribadi Kredivo lebih pasti dan lebih rendah dibandingkan Home Credit. Karena di awal, kita udah tau nih bakal dikenain bunga dan ngangsur berapa tiap bulannya. Sementara di Home Credit, suku bunganya akan menyesuaikan dengan nominal transaksi, tenor, sampai uang muka yang kita bayar.

Nah, udah tau kan bedanya? Di antara Kredivo sama Home Credit, mana nih yang paling menarik buatmu?