Wisata

Setiap tempat baik tempat wisata ataupun bukan, tentu memiliki aturan tersendiri demi terciptanya kebaikan bagi penghuninya. Misalnya, ketika kamu jalan-jalan ke Bali. Kamu harus mengetahui larangan-larangan atau pantangan saat liburan di Bali.

Terdapat beberapa hal yang mesti kamu tahu, misalnya pantangan atau larangan apa saja yang harus kamu ketahui saat kamu jalan-jalan di bali. Sehingga berbagai hal yang harus kamu hindari, tidak dilakukan. Agar jalan-jalan kamu nyaman, silahkan simak ulasan di bawah ini;

Pantangan atau larangan-larangan saat liburan di Bali

1. Ketika cuntaka atau sebel

Kamu yang sedang menstruasi atau datang bulan dilarang untuk berkunjung pada tempat suci di Pura. Selain itu larangan diberikan kepada orang yang sedang cuntaka misalnya terdapat keluarga yang meninggal. Bagi yang sedang dalam keadaan tersebut dikenakan larangan sebab bisa terjadi hal-hal buruk yang bisa menimpa.

2. Hari Raya Nyepi

Pada hari-hari perayaan seperti hari nyepi, kamu yang sedang liburan di Pulau Bali, harus taat terhadap aturan hari nyepi. Misal larangan menyalakan lampu, tidak boleh keluar rumah, membuat kegaduhan. Jika hal tersebut dilakukan maka yang terjadi adalah kamu akan mendapatkan sanksi. Sanksi yang diberikan sesuai dengan awig adat desa pakraman.

3. Larangan Pakaian ke pura

Terdapat banyak sekali pura yang ada di Bali, dan tempat tersebut dijadikan objek wisata. Sehingga banyak orang di luar agama hindu yang datang ke tempat tersebut.

Bagi kamu yang berniat berkunjung ke tempat suci diwajibkan untuk menggunakan selendang yang diikat dipinggang dan memakai kamben (kain). Kamu tidak akan bisa masuk ke pura karena ada larangan dari petugas, jika kamu tidak menggunakan kedua aturan tersebut.

4. Etika bertanya di jalan

Kamu yang sedang dalam perjalanan dan ingin menanyakan tempat yang kamu singgahi, hendaklah kamu turun terlebih dahulu dari kendaraan ketika berhadapan dengan orang yang ditanya. Orang yang kamu tanya akan membantu kamu dengan senang hati. Akhirnya kamu bisa menikmati jalan-jalan lebih aman dan nyaman.

Sekian ulasan tentang larangan-larangan atau pantangan saat liburan di Bali. Idealnya kamu bisa mentaati aturan yang berlaku agar liburan kamu bisa aman dan nyaman. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kamu yang membutuhkan.

Bagi kamu yang ingin jalan-jalan di bali tidak mempunyai kendaraan atau tidak mengetahui tempat-tempat di bali, saatnya kamu menggunakan Car Rental Bali. Kamu bisa merental mobil kepada kami saat berada di Bali dengan berbagai unit VIP ataupun tidak.

By arief