28/10/2020

Dari Hati

Dari Hati

Makanan Tinggi Kolesterol yang Sebaiknya Dihindari

Makanan Tinggi Kolesterol yang Sebaiknya Dihindari

Pencegahan pada peningkatan kadar kolesterol di dalam tubuh akan cukup efektif salah satunya dengan sikap selektif saat memilih makanan. Tentu, dari pola makan yang sehat, maka akan tercipta sistem tubuh yang sehat pula. Hal inilah yang mengharuskan Anda sebaiknya menghindari konsumsi makanan tinggi kolesterol yang bisa mempengaruhi kesehatan.

Perlu diketahui bahwa sekitar 30% kadar kolesterol di dalam tubuh disumbang oleh makanan yang dikonsumsi. Artinya, ada pengaruh yang cukup besar dari makanan yang dikonsumsi untuk persentase kadar kolesterol. Nah, dengan menghindari makanan yang mengandung kolesterol tinggi, tentu saja kadar kolesterol tubuh akan cenderung lebih rendah dan stabil.

Beragam Makanan Tinggi Kolesterol Untuk Dihindari

Ada cukup banyak makanan yang sebenarnya mengandung kadar kolesterol tinggi yang harus dihindari. Namun, sayangnya, masih banyak masyarakat yang mengonsumsi makanan tersebut setiap hari.

Bisa saja, ketidaktahuan yang menyebabkan mereka tetap mengonsumsi makanan dengan kadar kolesterol yang tinggi. Atau, bisa saja tingkat kesadaran tentang pola hidup sehat dengan menyantap makanan yang sehat pula masih rendah.

Nah, beberapa makanan dengan kadar kolesterol tinggi yang sebaiknya dihindari adalah sebagai berikut:

  • Fast food

Fast food atau makanan cepat saji menjadi jenis makanan pertama yang harus Anda hindari jika tidak ingin bermasalah dengan kolesterol. Bagaimana tidak, dalam setiap sajiannya, fast food memiliki kandungan kolesterol sekitar 465mg atau lebih dari 150% dari total kebutuhan kolesterol harian!

Jumlah ini sangat tinggi dan tentu akan membahayakan tubuh jika tidak dibatasi. Selain itu, fast food juga memiliki nutrisi yang begitu rendah sehingga manfaatnya bagi tubuh pun nyaris tidak ada.

  • Telur

Tidak dimungkiri memang jika telur adalah bahan makanan yang memiliki kandungan gizi tinggi dan mudah dimasak. Namun, di balik nutrisi tinggi tersebut, terdapat kandungan kolesterol yang cukup tinggi, terutama di bagian kuning telur.

Dalam satu butir telur terdapat kadar kolesterol hingga 200mg yang sebenarnya cukup membahayakan. Oleh karenanya, pola konsumsi telur harus diperbaiki.

  • Produk olahan susu

Suka mengonsumsi keju setiap hari? Mulai saat ini, Anda harus lebih berhati-hati jika ingin mengonsumsi produk olahan susu yang satu ini. Keju memang menjadi salah satu bahan makanan yang digemari karena rasanya yang nikmat dan bisa dijadikan pelengkap beragam hidangan.

Namun, dalam 100gram keju terdapat kandungan kolesterol sekitar 90mg yang tentu cukup tinggi. Tidak hanya itu, terdapat kandungan lemak tak jenuh pada keju –dan olahan susu lain yang berpotensi meningkatkan kadar kolesterol di dalam tubuh.

Jika Anda ingin mengonsumsi produk olahan susu yang aman, maka yogurt adalah pilihan tepat. Hal ini dikarenakan yogurt dibuat dari susu bebas lemak.

Nah, beberapa makanan tinggi kolesterol seperti di atas sebaiknya dihindari. Selain itu, untuk menjaga kadar kolesterol agar tetap stabil, lakukan olahraga secara teratur.