Halo sobat semua, Bawang bombay tidak hanya bisa membuat lezat masakan saja loh. Dan ternyata bawang bombay memiliki  banyak manfaat untuk kesehatan.  Beragam kandungan nutrisi didalamnya dipercaya bisa mencegah osteoporosis,  kanker, dan juga menjaga kesehatan jantung. 

Sangat menarik ya untuk kita bahas kali ini, dari pada penasaran yuk kita lanjut pembahasannya. 

Bawang Bombay

Nah sob, kita kenali dulu yuk bawang bombay itu apa. 

Jadi, Bawang yang berbentuk bulat seperti bola kasti ini adalah salah satu jenis bawang yang sangat mudah ditemukan di Indonesia. 

Dalam urusan memasak, bawang bombay juga sama seperti bawang merah dan juga bawang putih, karena  sering digunakan sebagai bumbu pelengkap cita rasa masakan.

Kandungan Nutrisi 

Berbagai macam kandungan nutrisi yang ada di dalam bawang bombay  sangat bermanfaat bagi kesehatan. di antaranya ;

  • Karbohidrat.
  • Protein.
  • Serat.
  • Kalsium.
  • Magnesium.
  • Kalium.
  • Zat besi.
  • Zinc.
  • Vitamin C.
  • Vitamin B6.

Selain itu, bawang bombay juga mengandung senyawa sulfur organik dan berbagai antioksidan. Seperti misalnya; flavonoid, asam fenolik, antosianin, dan quercetin.

Manfaat Bawang Bombay bagi Kesehatan

  1. Menyehatkan pencernaan

Manfaat pertama. Bawang bombay kaya akan serat yang baik untuk dikonsumsi. Sehingga bisa untuk melancarkan BAB dan mencegah konstipasi.

Kandungan serat yang ada di dalam bawang bombay, juga memiliki sifat prebiotik yang artinya dapat  mendukung pertumbuhan bakteri , baik dalam usus serta menyehatkan saluran pencernaan.

  1. Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat ke-dua. Bawang bombay dipercaya mampu mencegah penggumpalan darah, dan mampu mengurangi penumpukan lemak di dalam pembuluh darah.

  1. Mengontrol Kadar Gula Darah Dengan Baik

Manfaat ke-tiga dari bawang bombay adalah mampu mengontrol kadar gula darah dengan baik, serta sekaligus meningkatkan kadar hormon insulin dalam tubuh. Dengan seperti ini, bawang bombay baik dan bisa dikonsumsi oleh para penderita diabetes tipe 2.

  1. Membantu Menjaga Kesehatan Tulang

Manfaat yang ke-empat dari bawang bombay adalah bisa membantu menjaga kesehatan tulang. Dengan mengonsumsi bawang bombay secara rutin, maka dipercaya akan meningkatkan kepadatan pada tulang.

  1. Mampu menangkal Radikal Bebas

Berbagai  jenis kandungan antioksidan yg ada  di dalam bawang bombay, diketahui bisa dan mampu melindungi sel-sel tubuh dari efek paparan radikal bebas, seperti pemicu terjadinya penyakit kanker.

Selain itu, beberapa riset menunjukan. Bahwa bawang bombay memungkinkan mampu untuk menghambat perkembangan penyakit degeneratif, seperti misalnya ; penyakit Alzheimer dan penyakit Parkinson.

  1. Melawan Infeksi Bakteri di dalam Tubuh

Manfaat ke-enam. Bawang bombay memiliki kandungan antioksidan yang berguna untuk melawan berbagai macam bakteri diantaranya seperti penyebab penyakit; bakteri E.coli, S. aureus, dan B. aureus.

 

Bawang Bombay Murah belinya dimana ?

Setelah sobat semua mengetahui berbagai macam kandungan dan manfaat bawang bombay bagi kesehatan. Sekarang saatnya sobat mengetahui tempat dimana belanja Bawang bombay murah.

Jawabannya sudah tidak asing lagi sob, yaitu www.tanihub.com  , di TaniHub sobat bisa beli bahan pangan apa saja termasuk bawang bombay. Dan serunya lagi TaniHub sedang ada event promo + gratis voucher loh. Dari pada penasaran langsung aja sob  dikunjungi situsnya atau download aplikasinya di playstore. 

Mudah banget kan? Jadi kalau sobat butuh sayur, buah, dan kebutuhan lainnya ya TaniHub saja !

Cukup Sekian informasi seputar bawang bombay, semoga bermanfaat bagi sobat-sobat semua. Sampai jumpa dan  salam sehat selalu untuk kita semua, Thank You.

By sartika