28/10/2020

Dari Hati

Dari Hati

Manfaat Probiotik Untuk Kesehatan Si Kecil, Perhatikan Poin-Poin Berikut

Manfaat Probiotik Untuk Kesehatan Si Kecil, Perhatikan Poin-Poin Berikut

Bakteri adalah makhluk kecil yang hanya bisa dilihat di bawah mikroskop. Secara umum ketika kata bakteri di katakan mungkin Anda akan berpikir bahwa bakteri itu jahat. Tapi sebenarnya tidak, tidak semua bakteri bersifat patogen atau penyebab berbagai penyakit. Ada pula bakteri yang bermanfaat untuk manusia biasa disebut dengan istilah probiotik. Probiotik bisa mengandung lactobacillus, streptococcus, dan lain-lain. Apa saja manfaat probiotik untuk si Kecil, jangan lewatkan pembahasan di bawah ini. manfaat ini ada pula dalam produk Nestle.

Probiotik sebenarnya sudah banyak dikenal, namun mungkin Anda belum mengenal namanya. Dalam dunia bioteknologi ada banyak sekali contoh bakteri yang bermanfaat untuk manusia misalnya bakteri Streptococcus lactis pada keju, Lactobacillus bulgaricus pada yogurt, Acetobacter xylinum pada nata de coco, dan masih banyak lagi. Sekalipun bakteri memang banyak yang merugikan, tetaplah ada yang menguntungkan untuk manusia.

Probiotik Membantu Menjaga Keseimbangan Bakteri Baik Dan Jahat Dalam Pencernaan

Keadaan pencernaan akan dianggap baik dan sehat apabila komposisi bakteri baik melebihi komposisi bakteri jahat. Dengan pemberian probiotik jumlah bakteri baik pada si Kecil akan lebih terjaga karena probiotik akan menjaga kelompok bakteri baik. Dengan demikiann anak akan terhindar dari infeksi saluran cerna oleh bakteri. Probiotik bisa Anda dapatkan dari produk olahan susu misalnya yogurt, keju, dan lain-lain.

Probiotik Membantu Mengobati Gangguan Saluran Cerna

Manfaat probiotik yang masih tersambung dengan sebelumnya adalah dapat ikut mengatasi diare yang diakibatkan oleh virus, bakteri atau infeksi mikroorganisme lainnya seperti Entamoeba coli. Ketika suatu saat si Kecil mengalami gangguan pencernaan, Anda bisa memberikan probiotik. Dengan pemberian probiotik, si Kecil akan lebih cepat pulih. Hal ini berkaitan dengan manfaat lain probiotik yag bisa meringankan sindrome iritasi pada usus, meredakan gejala radang usus, dan mengobati adanya kolik yang menyerang si Kecil.

Probiotik Membantu Meredakan Infeksi Saluran Napas

Ada sebuah studi yang menghasilkan data bahwa prebiotik bisa mencegah dan mengurangi adanya infeksi saluran pernapasan. Bahkan ketika si Kecil mengalami pilek atau batuk, juga bisa dipersingkat dengan konsumsi Lactobacillus sp.dan Bifidobacterium pada si Kecil.

Probiotik Membantu Menjaga Kesehatan Mulut

Dengan mengonsumsi probiotik, risiko terkena infeksi mulut dan saluran kerongkongan akan dihindarkan. Dengan demikian si Kecil tidak akan mengalami gangguan mulut yang sangat buruk.

Dengan berbagai manfaat probiotik, tetaplah Anda perhatikan dosis yang sesuai agar tidak muncul hal yang tidak diinginkan. Apalagi jika sampai si Kecil mengalami alergi, maka sebaiknya konsultasikan ke dokter agar diberikan penjelasan lebih lanjut.

Demikian manfaat probiotik yang tetap harus diperhatikan dosis pemberiannya. Hal ini terutama jika pemberian probiotik ditujukan untuk pengobatan terhadap penyakit pencernaan. Sebaiknya jangan menyimpulkan sendiri dosis yang diberikan pada Si Kecil, alangkah baiknya Anda konsultasikan ke dokter terlebih dahulu.