Biasanya, fashion memang diidentikkan dengan wanita. Akan tetapi, fashion pria sebenarnya juga menjadi salah satu topik yang menarik untuk kita bicarakan. Apalagi, item fashion pria seperti celana kasual akan membuat tampilan kita semakin menarik. Dan yang lebih hebatnya lagi, kita bukan hanya bisa tampil stylish pada kegiatan yang bersifat casual saja, melainkan juga pada saat kegiatan formal.
Pada dasarnya, kita pun harus bisa membedakan cara terbaik ketika kita menghadiri acara formal maupun acara casual. Apabila kita ingin menghadiri kegiatan yang bersifat casual, maka kita bisa memilih item-item fashion berupa celana jeans, hoodie, kaos, dan lain sebagainya. Sementara itu, untuk kita yang sedang bersiap menghadiri acara formal, maka kita bisa menggunakan celana kain, kemeja, maupun jas.
Lantas, bagaimana dengan perpaduan keduanya? Apakah kita bisa menggunakan jas untuk acara casual? Tentu saja, pada dasarnya kita harus memahami terlebih dahulu item fashion yang kita gunakan. Nah jas sendiri sebenarnya merupakan salah satu jenis pakaian yang resmi dan berasal dari Eropa. Jas memiliki satu hingga tiga kancing dan sering digunakan untuk acara-acara formal.
Sebelum jas digunakan, kita akan terlebih dahulu menggunakan kemeja. Memang pada dasarnya, outer berupa jas adalah pelengkap formal yang dapat kita padukan dengan celana kain katun. Nah, untuk perbedaan jas sendiri dapat dikategorikan berdasarkan single breasted dan double breasted, sementara di Indonesia biasanya yang digunakan ialah yang jenisnya single breasted.

main image

Masyarakat di Eropa justru cenderung menggunakan double breasted karena sesuai dengan gaya mereka yang tubuhnya tinggi dan besar. Double breasted ini terdapat pada jas bagian belakang. Sementara itu, pada bagian belakang, kita bisa menemukan sebuah sobekan yang dikenal sebagai vent. Nah, untuk tipe vent sendiri ada single vent yang terdapat pada bagian tengah bawah jas maupun double vent yang mempermudah kita ketika kita akan memasukkan sesuatu ke bagian saku belakang karena bentuknya yang lebih fleksibel.
Nah, setelah kita membahas mengenai jas, maka kini mari kita bahas mengenai penggunaan jas yang dipadukan dengan celana kasual. Jadi, jas bisa kita padukan dengan kaos maupun celana jeans. Setiap pria sudah pasti memiliki setidaknya satu kaos oblong. Kaos inilah yang akan digunakan sebagai dalaman jas. Tentu saja, kaos oblong memang digunakan sebagai salah satu fashion item yang cocok untuk kegiatan sehari-hari. Namun, tidak ada salahnya juga untuk memadukan kaos oblong dengan celana kasual dan jas.
Ketika sedang menggunakan jas, celana kasual, dan kaos oblong, pastikan untuk memilih warna kaos oblong yang tepat. Soalnya, kaos tersebut warnanya harus cocok dengan warna jas yang kita gunakan. Jika kita menggunakan warna kaos yang netral dan terang, disarankan untuk menggunakan jas yang berwarna terang. Selain itu, pastikan kaos polos tadi tidak ada motif apa-apa. Selain itu, jangan menggunakan kaos yang ukurannya oversized. Gunakan kaos yang slim fit serta tidak memiliki leher bentuk V.
Nah, untuk celana kasual, kita bisa memilih warna yang sesuai dengan panduan. Jangan menggunakan celana kasual yang ukurannya terlalu besar dan pastikan bahwa celana tersebut sudah sesuai dengan ukuran kaki kita. Dengan begitu, kita bisa mendapatkan penampilan terbaik dengan memadukan pakaian yang casual dan pakaian yang formal. Biasanya, kita bisa mengenakan style ini saat ke kantor maupun bepergian.

By sartika