20/10/2020

Dari Hati

Dari Hati

Mengenal Beragam Jenis Kopi Hitam yang Bisa Dinikmati Setiap Hari

Mengenal Beragam Jenis Kopi Hitam yang Bisa Dinikmati Setiap Hari

Meskipun ada cukup banyak variasi kopi, terutama dengan beragam campuran bahan, namun kopi hitam tetap menjadi jenis kopi yang disukai penggemar. Rasa asli kopi yang tetap terjaga menjadi salah satu alasan kenapa kopi hitam tetap kopi terbaik dan paling banyak disukai masyarakat.

Nah, berbincang tentang kopi hitam, sebenarnya ada cukup banyak variasi kopi ini yang hadir dan dibuat dengan teknik yang berbeda. Tentu, mengetahui variasi kopi hitam yang ada juga cukup penting. Selain menambah wawasan tentang kopi, Anda juga bisa membuat menu kopi hitam yang berbeda-beda untuk menikmati kopi dengan lebih banyak gaya.

Ragam Jenis Kopi Hitam Untuk Dicoba

Sebagaimana disinggung di awal, ada cukup banyak variasi kopi hitam yang tersedia dan dibuat dengan teknik yang berbeda. Nah, beberapa variasi kopi hitam tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Espresso

Pecinta kopi hitam pasti sudah tahu jenis kopi hitam yang satu ini. Ya, espresso adalah kopi hitam yang disajikan dengan gelas berukuran kecil. Umumnya, volume kopi ini hanya sekitar 30 ml saja dan memiliki rasa yang cenderung fruity serta acidity yang cukup tinggi.

Espresso umumnya diminum di pagi hari untuk tambahan energi. Selain itu, jenis kopi ini juga dijadikan dasar variasi kopi lainnya.

  • Ristretto

Jika Anda berpikir espresso adalah kopi hitam yang paling pekat, maka Anda salah. Masih ada jenis kopi hitam yang lebih pekat dan lebih bitter, yaitu ristretto. Jenis kopi hitam ini adalah setengah dari espresso. Terbayang bagaimana rasanya?

  • Doppio

Doppio adalah 2 shot espresso. Secara umum, rasa dari kopi hitam ini cenderung sama dengan espresso. Hanya saja, Anda akan mendapatkan volume espresso yang lebih banyak untuk bisa dinikmati.

  • Lungo

Variasi kopi hitam lain yang menarik adalah lungo. Kopi ini berbeda dari Americano ataupun Long Black. Proses pembuatannya pun cenderung simple meskipun memerlukan waktu ekstraksi yang lebih lama. Selain volume yang lebih banyak dari espresso, rasa kopi ini pun cenderung tidak terlalu pekat.

  • Macchiato

Macchiato adalah kopi hitam yang dibuat dengan dasar espresso. Hanya saja, ada tambahan foam susu di bagian atas. Tambahan ini akan membuat rasa kopi cenderung lebih gurih dan tentu saja nikmat.

Dari beberapa poin di atas, Anda bisa melihat bahwa ada cukup banyak variasi kopi hitam yang bisa dicicipi. Namun, ada cara lain menikmati aneka kopi hitam yang nikmat dengan lebih mudah, yaitu dengan menyeduh Nescafe Dolce Gusto.

Ya, Nescafe Dolce Gusto menyediakan cukup banyak variasi kopi hitam dengan rasa yang mantap dan tentu saja aman untuk pencernaan. Selain itu, karena dikemas dalam bentuk kapsul dan tersedia mesin seduh, membuat kopi hitam bisa dilakukan siapa saja dengan mudah.