Cincin sudah menjadi benda yang harus ada dalam momen pernikahan. Memilih perhiasan tersebut juga tidak boleh sembarangan karena banyak sekali faktor yang harus diperhatikan. Mulai dari harga hingga model harus diperhatikan dengan seksama. Sebagai bahan pertimbangkan, yuk cari tahu tips memilih cincin pernikahan berdasarkan bentuk jari sebagai berikut!

Tips Memilih Cincin Berdasarkan Bentuk Jari

  1. Jari Pendek Dan Telapak Tangan Berbentuk Kotak

Apabila anda adalah pemilik tangan yang berbentuk demikian, cobalah untuk mencari cincin yang batu permatanya memanjang, seperti pear, oval dan marquise. Keberadaan mereka akan memberikan ilusi, bahwa jari anda lebih panjang. Tidak hanya itu, sisi permata yang sederhana dan lembut semakin membuat tangan anda terlihat manis. 

Lantas model seperti apakah yang tidak cocok dengan tangan tersebut? Hindari cincin dengan permata yang berbentuk segi empat dan bulat. Bentuk tersebut akan membuat jari anda terlihat lebih pendek. Hindari pula cincin yang berukuran tebal, karena akan membuat jari anda terkesan lebih lebar. Alhasil, jari anda tidak akan terlihat cantik dan proporsional.

  1. Jari Yang Panjang Dengan Telapak Tangan Persegi Panjang

Memiliki jari tangan yang panjang sebenarnya adalah impian sebagian besar wanita. Namun sayangnya, bentuk jari tersebut harus pas dengan telapak tangan. Alternatif terbaik jika anda memiliki jenis tangan yang demikian adalah memilih cincin yang berbentuk bulat. Namun jangan lupa untuk tetap mengikuti tips memilih cincin pernikahan yang benar. 

Selain bulat, anda juga bisa memilih permata yang berbentuk hati atau princess. Mereka berdua tetap akan membuat jari terlihat lebih cantik. Sebaliknya, hindari menggunakan permata bentuk marquise. Keberadaan cincin tersebut malah akan memperjelas ukuran tangan anda yang besar. Tentu hal tersebut dapat membuat anda selaku penggunanya merasa tidak nyaman. 

  1. Telapak Tangan Pendek Dan Jari Lebar

Tipe tangan ketiga adalah telapak tangan yang pendek dengan jari yang lebar. Salah satu kunci untuk membuat tangan terlihat indah adalah dengan memilih cincin yang tidak terlalu banyak memperlihatkan kulit anda. Pilih permata yang berbentuk marquise atau pear. Anda juga boleh memilih batu permata dengan potongan asimetris, untuk mengurangi lebar jari tangan.

  1. Telapak Tangan Oval Dan Jari Ramping

Selain bentuk tangan yang telah disebutkan sebelumnya, bisa jadi anda termasuk wanita yang telapak tangannya oval dengan jari yang ramping. Jika iya, hindarilah batu permata yang terlalu besar pada cincin. Setidaknya pilihlah cincin yang permatanya berbentuk emerald, oval, dan marquize. Kemudian terapkan setiap tips memilih cincin pernikahan yang baik agar pilihannya semakin tepat. 

Itulah sekilas penjelasan terkait dengan model cincin yang sesuai dengan telapak tangan wanita. Informasi semacam ini akan membuat pilihan anda lebih tepat dibandingkan dengan sebelumnya. Dengan begitu, anda dan pasangan akan lebih betah memakai perhiasan tersebut dalam berbagai kondisi karena terasa nyaman.