Mesin Kasir

Sebagaimana diketahui, bahwa mesin kasir sangat berguna dalam menjalankan sebuah bisnis usaha. Banyak kelebihan dan manfaat yang didapat, baik untuk kelangsungan usaha ataupun untuk membantu jalannya usaha bisnis tersebut. Adapun petunjuk dan panduan menggunakan mesin kasir yang bisa Anda ketahui adalah:

Panduan Menggunakan Mesin Kasir

1. Persiapkan Mesin Kasir

Sebelum menggunakan mesin kasir, pastinya Anda harus mempersiapkan mesinnya terlebih dulu. Pertama yang harus disiapkan adalah meletakkan mesin kasirĀ  di tempat yang Pas dan strategis, biasanya diletakkan di bagian depan pintu masuk area bisnis Anda. Agar mudah terlihat oleh konsumen.

Setelah itu, sambungkan;ah listriknya, karena seperti yang Anda ketahui bahwa mesin ini menggunakan listrik dan jangan lupa untuk menggunakan baterai khusus untuk mesin.

Jika sudah, barulah Anda memasangkan kertas struk pembayarannya. Artinya mesin sudah siap dipakai, maka bukalah kunci laci tempat penyimpanan uang dan nyalakan mesin agar bisa melakukan pengaturan mesin.

2. Mulai Penjualan Dengan Mesin Kasir

Selanjutnya, jika mesin sudah siap beroperasi maka Anda pun sudah bisa melakukan penjualan dengan mesin kasir tersebut. Artinya, yang perlu Anda lakukan adalah pertama kali adalah melakukan pengaturan untuk kode pengaman atau password mesin kasir lalu mulailah dengan harga barang untuk yang pertama.

Petunjuk dan panduan menggunakan mesin kasir ini bisa langsung diaplikasikan. Tekan terlebih dulu tombol kategori yang berhubungan, setelah itu juga tekan tombol panah atau tombol feed untuk memastikan mesin menggulung kertas ke bagian atas.

Penggunaan mesin kasir seperti biasa, jika ada program diskon bisa memasukkan juga pada mesin tersebut. Setelah itu, jiak sudah memasukkan semua harga dari barang-barang yang akan dibeli menggunakan mesin kasir maka setelah itu tekan tombol subtotal serta pilih jenis pembayaran yang diinginkan pembeli.

3. Perbaiki Kesalahan

Setelah memulai penggunaan mesin kasir tersebut, yang perlu diperhatikan dan diperiksa adalah kesalahan-kesalahan yang terjadi. Karena, pada saat penggunaan mesin kasir dimulai biasanya ada beberapa kesalahan yang terjadi seperti salah memasukkan angka harga atau pembeli membatalkan salah satu barang yang dibeli.

Cara untuk memperbaiki kesalahan seperti itu adalah melakukan perbaikan sebelum masuk dalam total penjumlahan atau subtotal. Yaitu, dengan cara mengetik angka yang ingin dibatalkan tadi baru menekan tombol void atau vd agar total angka yang sebelumnya berkurang dari jumlah angka yang tidak jadi masuk.

Atau jika terjadi dan terdengar bunyi error pada saat Anda menekan tombol yang salah, maka yang harus dilakukan adalah menekan tombol CLEAR atau C agar bunyinya berhenti.

4. Membuat Laporan

Jika sudah melakukan semua kegiatan penjualan dengan perangkat kasir, maka selanjutnya adalah Anda bisa membuat laporan melalui mesin tersebut. Dimana dengan menggunakan mesin kasir memang salah satu kelebihannya adalah bisa membuat laporan dengan mudah dan cepat.

Bentuk laporannya adalah seperti laporan penjualan serta informasi saldo pada mesin kasir tersebut.

Setelah mengetahui petunjuk dan panduan menggunakan mesin kasir, maka Anda sudah bisa mengoperasikan dan mulai melakukan bisnis jualan Anda. Namun, jika Anda ingin lebih maksimal lagi maka Anda bisa menggunakan produk-produk dari imin.co.id. Dimana produk tersebut memang khusus untuk produk-produk seperti mesin kasir ini.

Jika Anda menggunakan produk dari imin, artinya Anda sudah siap maju selangkah dengan varian produk yang sudah sangat maju dan sangat mempermudah pekerjaan.