Pembangunan Pariwisata

Pembangunan wisata pada daerah potensial merupakan hal yang direkomendasikan terutama untuk menunjang perekonomian daerah tersebut. Selain itu juga bermanfaat untuk menjamin kelestarian alam dan budaya, dan penyediaan lapangan pekerjaan bagi masyarakat.

Apa yang perlu diperhatikan pada pembangunan pariwisata?

Dalam pengembangannya, kamu membutuhkan Konsultan pariwisata dan RIPPARDA agar dasar penyusunan program pembangunan daerah sektor pariwisata dapat maksimal. Berikut ini adalah hal yang wajib diperhatikan untuk pembangunan pariwisata!

1. Wisatawan

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah perihal wisatawan. Kamu perlu tahu karakteristik wisatawan. Seperti dari negara mana mereka datang, usia, hobi, dan pada musim apa mereka melakukan perjalanan. Karena ini akan berpengaruh terhadap target wisata itu sendiri.

2. Transportasi

Kemudian hal berikutnya yang dapat dilakukan adalah terkait transportasi atau keterjangkauan pada daerah yang bersangkutan. Dalam hal ini perlu dilakukan penelitian mengenai fasilitas maupun transportasi yang tersedia untuk membawa wisatawan ke daerah destinasi wisata.

3. Objek pariwisata

Hal berikutnya yang perlu diperhatikan adalah mengenai objek wisata yang akan disuguhkan. Perhatikan apakah telah memenuhi syarat terkait hal apa yang dilihat, yang dapat dilakukan , dan yang dapat dibeli pada destinasi wisata yang dikunjungi.

4. Fasilitas Pelayanan

Dan yang terakhir adalah terkait fasilitas pelayanan. fasilitas yang dimaksud harus berorientasi pada kenyamanan wisatawan. Contohnya adalah mengenai akomodasi hotel, restoran, pelayanan umum (bank, kantorpos, dll).

Selain poin-poin yang telah disebutkan di atas, kamu juga perlu tahu bahwasanya membangun sebuah pariwisata membutuhkan konsep dan perencanaan yang matang agar dapat menjadi pariwisata yang  berkelanjutan.

Kamu juga disarankan untuk menggandeng orang-orang yang ahli dalam bidangnya, seperti Konsultan pariwisata dan RIPPARDA yang terpercaya. pastikan pula para konsultan tersebut telah memenuhi syarat kompetensi dengan menyediakan tenaga ahli yang kompeten di bidang pariwisata baik melalui pendidikan, pelatihan dan program-program yang tersertifikasi.

Nah itu dia, beberapa hal yang perlu kamu perhatian sebelum membangun pariwisata. Untuk menyususn instrumen perencanaan dari rencana strategis hingga ke RIPPARDA kamu dapat menghubungi https://insanwisata.com/

 

By arief