27/07/2021

Dari Hati

Dari Hati

Pengertian, Ciri dan Macam Kepemimpinan

Pengertian, Ciri dan Macam Kepemimpinan

Pengertian, Ciri dan Macam Kepemimpinan

Pengertian Kepemimpinan

Kepemimpinan adalah proses mempengaruhi pemimpin atau memberi contoh kepada pengikutnya untuk mencapai tujuan perusahaan. Cara alami untuk belajar kepemimpinan adalah belajar ‘di tempat kerja’ dengan praktik seperti melatih seniman, pengrajin, atau praktisi. Ahli diharapkan sebagai bagian dari tugas mengajar/mengajarnya.

 

Ciri – Ciri Pemimpin

Kebanyakan orang masih cenderung mengatakan bahwa pemimpin yang efektif memiliki kualitas atau karakteristik tertentu yang sangat penting, seperti karisma, pandangan jauh ke depan, keyakinan, dan intensitas. Dan memang, ketika kita memikirkan pemimpin heroik seperti Napoleon, Washington, Lincoln, Churchill, Sukarno, Jenderal Sudirman, dll, kita harus mengakui bahwa kualitas seperti itu melekat di dalamnya dan telah menggunakannya untuk mencapai tujuan yang diinginkan.

Ciri-ciri pemimpin yang berkarakter adalah sebagai berikut:

1. Jujurlah pada diri sendiri dan orang lain. Jujurlah tentang kekuatan dan kelemahan Anda dan cobalah untuk memperbaikinya.
2. Manajer harus memiliki empati yang tulus kepada bawahannya.
3. Ingin tahu dan mudah didekati sehingga orang lain merasa percaya diri dalam menyampaikan umpan balik dan ide-ide baru secara jujur, langsung, dan hormat kepada pemimpin.
4. Bersikap transparan dan mampu menghormati pesaing dan belajar dari mereka dalam situasi kepemimpinan atau situasi bisnis pada umumnya.
5. Memiliki kecerdasan, semangat, dan keteguhan hati agar dapat bekerja secara profesional dan ilmiah pada jabatannya.
6. Memiliki harga diri dan disiplin pribadi sehingga mereka mampu dan memiliki rasa tanggung jawab pribadi atas perilaku pribadinya.
7. Keterampilan komunikasi, “teamwork”, kreatif, percaya diri, inovatif dan mobile.

 

Jenis dan Macam Gaya Kepemimpinan:

1. Gaya kepemimpinan otoriter/otoriter

Gaya kepempimpinan merupakan gaya kepemimpinan yang sepenuhnya berfokus pada semua keputusan dan kebijakan yang dibuat oleh diri sendiri. Pembagian tugas dan tanggung jawab penuh dilakukan oleh pemimpin yang otoriter, sedangkan bawahan hanya melakukan tugas yang diberikan kepada mereka.

2. Gaya kepemimpinan demokratis
Kepemimpinan demokratis adalah gaya kepemimpinan yang memberikan wewenang yang luas kepada bawahan. Jika ada masalah, selalu libatkan bawahan sebagai tim yang utuh. Dalam gaya kepemimpinan demokratis, pemimpin memberikan banyak informasi tentang peran dan tanggung jawab bawahannya.

3. Gaya kepemimpinan bebas / laissez-faire
Pemimpin tipe ini hanya terlibat secara marginal, dimana bawahannya secara aktif menetapkan tujuan dan memecahkan masalah yang muncul. Sumber Rangkuman Terlengkap : SeputarIlmu.Com