Pengertian Dan Manfaat Kode OTP

Kode OTP diperlukan ketika kamu akan melakukan sistem transaksi online secara rahasia kepada orang tertentu. Biasanya, kondisi tersebut akan dikirimkan melalui pesan whatsapp ataupun SMS. OOTD sendiri biasanya terdiri dari empat hingga enam digit.

Pengertian OTP

OTP merupakan istilah dari what time password yaitu berupa kode rahasia yang akan dikirimkan hanya dengan 1 langkah sekali pengiriman. Biasanya, dengan kode ini maka penerima tidak perlu memasukkan ID ataupun password, berikut ini manfaat kode OTP yaitu :

Keamanan untuk mengkonfirmasi login transaksi

Manfaat kode OTP diperlukan adalah untuk menjaga keamanan dan kerahasiaan saat melakukan konfirmasi login melalui transaksi online. Biasanya kode ini akan berkenalan langsung dengan aplikasi maupun operator yang digunakan.

Menjaga privasi

Bagi para pembisnis kode OTP sangat diperlukan untuk menjaga keprivasian data pribadi dan perusahaan tersebut. Dengan menggunakan kode ini saat melakukan transaksi, maka terima pesan tidak bisa menyimpan pesan yang dikirim tersebut di Android dan smartphone miliknya.

Bisa mentransfer dari bank ke dompet digital

Manfaat kode OTP lainnya yaitu dapat melakukan transfer dari Bank ke dompet digital. Melalui kode OTP tersebut, maka pemilik pesan bisa menghasilkan beberapa nomor yang akan digunakan untuk melakukan otentikasi. Dengan demikian cara ini jauh lebih praktis.

Bisa menyetujui dan memproses transaksi dengan cepat

Saat menggunakan kode OTP, maka pemilik pesan bisa menyetujui dan memproses transaksi melalui internet banking dengan cepat. Kode OTP biasanya akan dikirimkan langsung melalui nomor ponsel yang aktif sehingga akan lebih bersifat valid.

Membantu mengubah password yang lupa

Manfaat selanjutnya dari penggunaan kode OTP adalah dapat membantu kamu dalam mengubah password yang lupa. Soalnya yaitu ketika kamu ingin menggunakan e-commerce shopee, kamu bisa menggunakan kode OTP jika password yang dimasukkan salah.

Itulah tadi mengenai informasi seputar saat menggunakan kode OTP. Apabila ada pertanyaan lainnya seputar tentang kode OTP dan cara pembuatannya, lah kan kamu dapat mengakses informasi yang lebih lengkapnya di Jasa OTP. Selamat mencoba!

By arief