Pengertian Ilmu Pengetahuan

Ilmu Pengetahuan Menurut Para Ahli

Pengertian Ilmu Pengetahuan

Moh.Hatta
Sains adalah pengetahuan atau kajian yang mengatur pekerjaan hukum secara umum karena akibat-akibatnya dalam suatu kelompok masalah sama dengan kedudukan atau hubungannya.

Syahruddin Kasim
Ilmu merupakan pancaran metabolisme fisik sebagai tuntunan Sang Pencipta, yang merupakan asal muasal proses interaksi fenomena alam, melalui dimensi kalbu, kenikmatan rasional, akal, empiris dan esensial dalam menjelaskan hasana alam semesta. untuk menyempurnakannya tanggung jawab khilafah.

Helmy A. Kotto
Pengertian ilmu menurut Helmy. A. Kotto bahwa ilmu pengetahuan merupakan rangkaian proses panjang dalam pembentukan pengetahuan itu sendiri dan dilakukan secara terus menerus hingga benar-benar dapat menemukan dan menjelaskan fenomena dan keberadaan alam itu sendiri.

 

Jenis – Jenis Ilmu

Pengetahuan abadi
Adalah ilmu yang diberikan Allah kepada manusia berupa kitab suci Al-Qur’an dan Hadits, yang diturunkan kepada manusia dan disampaikan oleh para rasul atau nabi sebagai utusan Allah untuk menyampaikan wahyu. Ilmu ini merupakan bentuk pengetahuan yang telah dipastikan kebenarannya dan tidak akan berubah hingga akhir zaman dan dapat dibuktikan dalam situasi, kondisi, dan tuntutan zaman apa pun.

Pengetahuan yang diinginkan
Adalah pengetahuan yang dapat dicari atau dipelajari oleh manusia sebagai hasil pencarian definisi alam semesta, ilmu tentang spesies tidak memiliki kepastian sehingga dapat berubah apakah bertambah sesuai dengan kebutuhan waktu atau hasil penelitian atau berkurang pengetahuan tentang manusia sebagai makhluk yang cerdas. Suatu ilmu mungkin dianggap benar di masa lalu, tetapi mungkin berkembang dan menjadi tidak pantas di masa depan karena penelitian baru dilakukan pada ilmu yang bersangkutan.

 

Persyaratan Ilmu

  • Penetapan tujuan

Yang dimaksud dengan objektif adalah ilmu harus mempunyai objek ilmu itu sendiri dan merupakan suatu kajian yang terdiri dari sekelompok masalah yang hakikat dan hakikatnya sama, tampak dari luar atau berbentuk dari dalam. Objek pemeriksaan bisa ada atau ada karena masih harus diuji keberadaannya. Dalam menganalisis dan mempelajari objek dicari kebenarannya, yaitu adanya kesesuaian antara pengetahuan dan objek, maka disebut kebenaran objektif; tidak subjektif, yaitu menganalisis dan mengkaji berdasarkan subjek penelitian atau subjek pendanaan penelitian.

  • Metodis

serangkaian upaya yang dapat dilakukan untuk memperkecil kemungkinan terjadinya penyimpangan dalam pembentukan dan perumusan kebenaran. Akan tetapi, harus ada konsekuensi dari upaya ini, dan cara-cara tertentu harus ditemukan untuk memastikan bahwa kebenaran dapat dipastikan. Methodist berasal dari akar kata Yunani “Metodos”, yang berarti: cara, cara. Dapat diartikan secara luas, metodis berarti suatu metode tertentu yang sedang digunakan dan umumnya berkaitan dengan suatu metode ilmiah.

  • Secara sistematis

Dalam waktu yang diperlukan untuk menemukan dan menjelaskan suatu objek, ilmu pengetahuan juga dapat dianalisis dan dirumuskan dalam konteks yang teratur dan logis sehingga dapat ditetapkan menjadi suatu sistem bermakna yang utuh, terpadu, menyeluruh dan mampu menjelaskan dan mengurai suatu bilangan. sebab dan akibat yang mempengaruhi objek tersebut. . Pengetahuan, yang secara sistematis dapat dipecah dan diklasifikasikan ke dalam serangkaian sebab dan akibat, adalah persyaratan pengetahuan yang ketiga.

  • Universal

Rumusan kebenaran yang ingin dicapai adalah kebenaran universal yang bersifat umum (tidak khusus). Termasuk: Semua segitiga sama sisi adalah 180ยบ. Universal merupakan syarat mutlak bagi perumusan suatu ilmu dan karenanya universal merupakan syarat keempat ilmu. Seiring waktu, ilmu-ilmu sosial akhirnya mencapai universalitas yang berbeda dari ilmu-ilmu alam, di mana objek ilmu alam adalah tindakan manusia itu sendiri. Oleh karena itu, untuk mencapai tingkat keumuman atau universalitas dalam ilmu-ilmu sosial, konteks universalitas itu sendiri harus tersedia. Sumber Rangkuman Terlengkap : SeputarPengetahuan.Co.Id