Pengertian Serta Manfaat JSA

Agar tercipta suatu pekerjaan yang terkendali, perusahaan biasanya menerapkan berbagai prosedur K3. Salah satunya adalah JSA yang merupakan kepanjangan dari Job Safety Analysis. Anda pun harus paham tentang jelaskan pengertian serta manfaat JSA.

Jelaskan Pengertian Serta Manfaat JSA

Terkait dengan pengendalian risiko kerja, bahwasanya JSA adalah manajemen yang dikembangkan untuk memfokuskan diri pada pengidentifikasian bahaya kerja. Masih ada beberapa hal yang perlu anda ketahui mengenai JSA, simak selengkapnya.

Manfaat JSA

JSA menjadi salah satu teknik analisis K3 yang dibutuhkan dalam suatu pekerjaan. Dimana JSA mampu membentuk lingkungan operasional kerja yang lebih sistematis dan terstruktur. Sehingga setiap pekerja akan terasanya nyaman dan aman dalam bekerja.

Jenis Pekerjaan yang Membutuhkan JSA

Setiap pekerjaan pasti memiliki risiko yang sewaktu-waktu bisa mengancam keselamatan pekerjanya. Setelah mengetahui pengertian JSA, ada beberapa jenis pekerjaan yang paling membutuhkan JSA, yakni sebagai berikut.

  1. Suatu pekerjaan yang bisa menimbulkan penyakit.
  2. Suatu pekerjaan yang berpotensi menimbulkan cidera serius.
  3. Suatu pekerjaan yang berpotensi menimbulkan kecelakaan fatal jika ada kelalaian kecil.
  4. Suatu pekerjaan yang pengoperasiannya membutuhkan instruksi khusus secara tertulis.
  5. Suatu pekerjaan yang baru saja diperbarui sistem/prosedur kerjanya.

Pembuatan JSA

Perlu anda ketahui, JSA tidak hanya dibuat oleh ahli-ahli dalam bidang tertentu, tetapi melibatkan seluruh pekerja di perusahaan tersebut. Sehingga melalui proses diskusi, JSA bisa tersusun secara apik. Berikut adalah langkah membuat JSA pada perusahaan.

  1. Mencatat seluruh jenis pekerjaan yang ada di perusahaan tersebut. Dimulai dari bagian kerja di proses awal hingga proses yang akhir.
  2. Mengamati, mengidentifikasi dan menganalisis resiko kerja yang membahayakan pekerja. Adapun poin-poin yang diperhatikan meliputi penyebab kecelakaan pada pekerjaan, jenis pekerjaan yang berdampingan, dan SOP yang dijalankan.
  3. Menentukan cara untuk mengendalikan risiko dan bahaya kerja. Pengendalian yang dilakukan ada beberapa cara yang diambil perusahaan untuk menghilangkan bahaya kerja yang mungkin mengancam keselamatan pekerja.

JSA sangat penting untuk pekerjaan beresiko di suatu perusahaan. JSA adalah salah satu elemen penting bagi perusahaan. JSA juga bisa menjadi gambaran bagi anda yang belum banyak mengetahui tentang pengendalian bahaya dari JSA.

By arief