25/11/2020

Dari Hati

Dari Hati

Perkembangan Bayi 8 Bulan Yang Wajib Dimengerti

Perkembangan Bayi 8 Bulan Yang Wajib Dimengerti

Kemampuan motorik merupakan kemampuan bayi dalam bergerak dan juga menggerakan otot mereka. Kemampuan ini mendukung kecerdasan bayi. Selain itu, kemampuan ini juga penting dalam kehidupan bayi untuk menunjang tumbuh kembang mereka. Dimana kemampuan motorik bayi yang baik akan diikuti oleh kemampuan pergerakan otot dan alat gerak bayi lainnya yang baik. Sehingga menstimulasi kemampuan motorik bayi sangat penting.

Perkembangan motorik bayi berjalan sejak bayi dilahirkan hingga usia perkembangan bayi. Kemampuan ini dibedakan menjadi kemampuan motorik kasar dan motorik halus. Dimana kemampuan motorik kasar pada bayi merupakan kemampuan bayi dalam menggerakan alat tubuhnya. Hal tersebut dilakukan seperti tengkurap, berguling, duduk hingga berdiri. Kegiatan ini sangat penting dalam mendukung perkembangan bayi terutama ketika perkembangan bayi 8 bulan.

Perkembangan bayi 8 bulan merupakan masa perkembangan yang berbeda dengan perkembangan lainnya. Dalam usia ini, bayi sudah bertambah ukuran panjang dan beratnya. Bayi akan semakin terlihat segar dan menggemaskan. Kemampuan motoric yang berkembang adalah kemampuan bayi yang duduk sendiri. Bayi akan duduk dengan tegak tanpa bantuan orang tua pada usia ini.

Perkembangan bayi 8 bulan lainnya adalah kemampuan verbal bayi. Dimana bayi akan merespon ucapan orang tua mereka meskipun dengan beberapa kalimat sederhana. Bayi juga akan mulai dapat menyebutkan panggilan orang tua mereka secara sederhana. Kemampuan menggenggam benda akan semakin kuat pada usia ini. Bahkan kemampuan motoriknya didukung dengan memakan beberapa mainan miliknya.

Perkembangan bayi 8 bulan dapat didukung dengan pemberian nutrisi makanan yang cukup. Melalui kegiatan MPASI dan pemberian ASI, tumbuh kembang bayi akan optimal. Selain itu, perkembangan bayi 8 bulan didukung oleh lingkungannya. Pemberian makanan finger food dapat melatih kinerja otot motorik bayi. Sehingga bayi dapat dengan mudah cepat mengembangkan kemampuannya.

Perkembangan bayi 8 bulan, juga berpengaruh terhadap makanan yang dikonsumsi. Dimana terdapat beberapa bahan makanan yang diperbolehkan konsumsi. Setelah memasuki masa MPASI, beberapa makanan memang diperbolehkan dalam bentuk puree. Namun ketika memasuki usia 8 bulan, beberapa makanan dapat dibuat menjadi agak kasar. Hal ini dilakukan melalui pemberian makanan finger food yang juga mendukung kemampuan motorik bayi.

Kegiatan mendukung perkembangan bayi 8 bulan tidak hanya berupa makanan saja. Pendampingan orang tua serta dukungan, membuat bayi akan semakin kuat dalam menjalani beberapa kegiatannya. Bahkan bayi memiliki dorongan untuk bisa mengembangankan kemampuan motoric dan verbal mereka.

Dalam mendukung perkembangan bayi 8 bulan, dapat diberikan asupan susu formula. Dimana susu formula kaya akan nutrisi dalam mengembangkan kemampuan bayi. Susu formula kaya akan omega 3 dan beberapa nutrisi lainnya yang mendukung kecerdasan verbal dan motorik bayi dalam keseharian.