07/03/2021

Dari Hati

Dari Hati

Permainan Terompah Panjang

Mengenal Permainan Terompah Panjang

Permainan Terompah Panjang

Permainan terompah penjang merupakan salah satu dari sekian banyak permainan tradisional yang cukup terkenal di kalangan masyarakat Indnesia. Mungkin memang ada sebagian orang yang masih asing ketika mendengar nama permainan terompah panjang ini. Apabila kamu juga masih bingung dengan semua hal yang mencakup permainan terompah panjang, pada artikel kali ini kami akan mengulas secara lengkap khusus untuk kamu. Simak dengan baik, ya.

Memiliki nama terompah panjang, mengartikan juga bahwa permainan ini menggunakan sebuah alat bantu berupa terompah yang berukuran panjang.

Manfaat Permainan Terompah Panjang

Tak hanya tentang permainan belaka saja, ternyata permainan terompah panjang juga memiliki berbagai macam manfaat yang bisa didapatkan. Adapun manfaat tersebut diantaranya melatih kerja sama tim yang kompak, merekatkan hubungan pertemanan, melatih keseimbangan, dan melatih kebugaran jasmani terutama pada bagian kaki.

Alat yang Perlu Disiapkan

Adapun bahan atau alat yang digunakan dalam permainan terompah panjang ini yaitu satu buah terompah panjang yang cukup untuk menampung setidaknya lima orang dalam satu tim. Terompah yang dipakai biasanya cukup beragam, bisa terbuat dari sebuah kayu ataupun yang lebih modern terbuat dari sebuah papan kayu yang lebih kuat dilengkapi dengan motif yang beragam.

Tata Cara Permainan Terompah Panjang

Tata cara bermain permainan terompah panjang ini sangat mudah. Tidak memerlukan banyak pikiran untuk memainkannya. Namun, yang sangat penting adalah strategi dalam permainan. Adapun contoh strategi tersebut adalah melangkah dengan aba-aba dari pemain paling depan. Juga melangkah beriringan sesuai dengan lengkah kaki pemain lainnya. Hal ini bertujuan untuk agar tidak terjatuh ketika bermain nantinya.

Pertama, setelah dibentuk sebuah tim dengan jumlah pemain sama banyak, maka akan ditentukan urutan tempat dari yang paling depan hingga paling akhir. Setelah semuanya terbentuk, maka para pemain harus bersiap-siap. Ketika aba-aba mulai diperingatkan, maka setiap tim akan berjalan beriringan menuju garis finish. Seperti lomba lari, tim mana yang menyentuh gariis finish, mereka lah yang akan memenangkan perminan.