21/06/2021

Dari Hati

Dari Hati

Rekomendasi Menu Bekal Anak Sekolah Usia 5 Tahun

Rekomendasi Menu Bekal Anak Sekolah Usia 5 Tahun

Umur berapa anak direkomendasikan masuk TK? Anak direkomendasikan masuk TK pada usia 5 tahun. Dimana pada usia ini pola pikir anak sudah terbentuk. Anak cenderung sudah bisa mengolah informasi dan juga kemampuan sosialisasinya sudah cukup baik. Anak yang masuk TK sendiri cenderung untuk memerlukan makanan dengan porsi cukup banyak dibandingkan anak usia 5 tahun kebawah. Hal ini dikarenakan berbagai kegiatan mereka sendiri cukup padat sehingga membutuhkan energi untuk bisa terus beraktivitas.

Nah, dalam masa tumbuh kembang anak 5 tahun, mereka mulai lebih aktif dan juga tanggap terhadap lingkungannya. Anak seusia ini sudah pandai mengekspresikan diri mereka dan bisa berkomunikasi dengan baik. Mereka cenderung untuk menghabiskan waktu dengan bermain di lingkungannya. Dalam mendukung aktivitasnya, selain memberikan makanan yang bernutrisi, anda bisa memberikan kebaikan satu gelas susu untuk mereka.

Susu pertumbuhan anak usia 5 tahun keatas baik diberikan di samping pemberian makanan bernutrisi. Anda bisa memberikan Susu pertumbuhan anak usia 5 tahun keatas sesuai kebutuhan nutrisi anak dengan maksimal pemberian susu sendiri 2 gelas seharinya. Jangan sampai susu menjadi pengalih perhatian makan anak. Dalam Susu pertumbuhan anak usia 5 tahun keatas sendiri mengandung omega 3 dan omega 6 yang penting untuk perkembangan daya ingat. Ada juga kandungan kalsium yang penting untuk kesehatan tulang dan gigi.

Bila anak sudah aktif berkegiatan di luar rumah, ada baiknya memberikan anak menu makanan yang sesuai dengan kebutuhan energinya. Berikut ini merupakan rekomendasi kreasi menu makanan anak yang bisa dicoba sebagai bekal anak atau snacking time anak :

  1. Bola daging

Menu makanan yang bisa dijadikan snacking time juga adalah bola daging. Penyajian bola daging sendiri mirip seperti bakso namun bentuknya oval. Bola daging sendiri terbentuk dari daging, bawang putih, garam dan sedikit merica. Bola daging lalu dipanggang dan disajikan bersama macaroni rebus ataupun spaghetti. Menu makanan ini juga bisa dikonsumsi bersama nasi sebagai lauk.

  1. Mie tek – tek ayam

Siapa yang tidak suka mie? Mie tek – tek merupakan jenis mie yang ala abang – abang gerobak pada malam hari. Resep ini simple namun disukai anak – anak. Kalian bisa merebus mie dalam panci dan mengaduk mie dalam baluran kecap hingga merata. Selanjutnya kalian membuat telur orek lalu masukkan bawang merah dan bawang putih untuk ditumis hingga matang. Kemudian masukan mie, potongan kecil ayam, sayuran seperti sawi atau wortel dan tumis. Beri bumbu untuk lebih sedap.

  1. Mac and cheese

Menu makanan ini cukup populer dan disukai oleh anak – anak karena rasanya yang gurih. Cara membuat makanan ini mudah yakni dengan menumis bawang Bombay lalu masukkan daging cincang hingga matang. Kemudian masukkan makaroni yang telah direbus bersama susu UHT dan keju parut. Masak hingga thick dan creamy. Makanan siap disajikan. Mudah bukan?