27/07/2021

Dari Hati

Dari Hati

pencak silat di Indonesia

pencak silat di Indonesia

Sejarah Pencak Silat di Indonesia dan Teknik Dasarnya

Sejarah pencak silat – Pencak silat atau yang umum singkat silat adalah seni olahraga yang dari Asia Tenggara, persisnya dari negara Indonesia, Brunei Darusaalam, Singapura, Filipina, Thailand.

Kali, myhoxton.net akan menjelaskan beragam info mengenai pencak silat yang perlu kamu ketahui.

Skema pertahanan diri ini memakai kepandaian untuk serang, menangkis gempuran, dan menjaga diri. Ada pula beberapa pakar yang mendefinisikan berlainan untuk seni bela diri tradisionil, yakni:

1. Seni bela diri tingkat tinggi dibarengi dengan hati / perasaan. Hingga jadi kepenguasaan gerak yang efisien dan termonitor. Seni bela diri kerap dipakai dalam latihan berkelahi / berkelahi atau korek api.

2. Karakter / perasaan manusia untuk bela diri. Silat dipandang seperti penyambung di antara beberapa unsur pergerakan dan pertimbangan (bila gerak dan pemikiran).

Maksudnya untuk capai keserasian hidup, kenaikan iman, dan dedikasi ke Tuhan Yang Maha Esa.

Sejarah Pencak Silat di Indonesia

pencak silat

Tidak ada yang dapat pastikan kapan olahraga bela diri ciri khas Indonesia ini ada.

Tetapi, ada sejarawan yang menjelaskan jika seni bela diri ini ada karena kekuatan nenek moyang untuk menjaga kehidupan secara pribadi atau dalam barisan dari kerasnya keadaan alam di Indonesia.

Tidaklah aneh beberapa nenek moyang kita selanjutnya membuat pergerakan yang mengikuti pergerakan binatang seperti harimau, monyet, ular, dan elang.

Keberagaman fauna di negara ini sudah jadi ide untuk bekas orang Indonesia saat membuat pergerakan gempuran atau pertahanan dalam bela diri.

Ada pula sejarawan yang menjelaskan jika kelahiran seni bela diri ini berakar pada ketrampilan beragam suku Indonesia yang umum memburu dan bertanding.

Mereka latih kekuatan untuk dapat memakai bermacam senjata seperti tombak, panah, pedang, parang, dan lain-lain untuk 2 aktivitas ini.

Walau aslinya tidak dikenali dengan tentu dan tidak terdapat bukti riwayat yang memberikan dukungan. Tapi mayoritas sejarawan sepakat jika distribusi seni bela diri ini terjadi semenjak era ketujuh Masehi.

Silat berkembang cepat dengan edukasi dan praktek lisan. Silat diberikan dari guru ke pelajar. Bukti riwayat ini ibarat kemampuan legendaris Kerajaan Sriwijaya dan Majapahit.

Bukti riil seni bela diri Indonesia terdapat di dalam:

1. Patung relief di Candi Borobudur dan Prambanan memvisualisasikan status kuda silat seperti diutarakan oleh periset Donald F. Draeger.
2. Seni bela diri silat ialah akulturasi budaya yang mendapatkan dampak dari India dan Cina. Beberapa orang India dan Cina yang semenjak jaman kerajaan tiba ke Indonesia untuk berdagang bawa budaya seni bela diri sendiri dan akulturasi sebagai seni bela diri.
3. Wilayah Sumatera Barat memiliki legenda bila silat / silek yang berada di Minangkabau ialah ciptaan Datuk Suri Diraja yang dari wilayah Pariangan, Tanah Datar. Ia persisnya tinggal di kaki Gunung Marapi pada era kesebelas M. Silat selanjutnya menebar lewat perantau Tanah Minang yang menebar ke semua Asia Tenggara.
4. Di tanah Sunda, silat disampaikan berasal dari wanita yang tirukan pertikaian di antara monyet dan harimau. Silat ini dikenali sebagai saluran Cimande.

Organisasi seni bela diri sah di Indonesia ialah Federasi Pencak Silat Indonesia (IPSI). Organisasi ini dengan cara resmi dibangun pada 18 Mei 1948. IPSI dibangun di Kota Solo, Jawa tengah.

IPSI ialah organisasi di bawah KONI (Komite Nasional Indonesia Pusat). Sampai sekarang ini, ada 840 lembaga seni bela diri di Indonesia.

Teknik Dasar Pencak Silat

Ada beberapa pergerakan di dunia silat. Tiap perguruan tinggi seni bela diri biasanya membuat pergerakan uniknya sendiri. Tetapi, seni bela diri ini mempunyai tehnik dasar yang serupa.

Tehnik dasar ini harus diberikan ke semua pelajar yang belajar silat, terhitung:

1. Teknik dasar dalam silat mencakup kuda-kuda, pasang kering, dan kuda-kuda.
2. Teknik serangan yang mencakup pukulan, sepakan, penyumbatan, dan pergerakan kickback.

Nah, itulah sedikit pembahan mengenai sejarah pencak silat di Indonesia dan teknik dasarnya. Kamu tertarik untuk belajar pencak silat, enggak nih?