18/04/2021

Dari Hati

Dari Hati

Efek Duduk Terlalu Lama

Sering Duduk Terlalu Lama? Simak Efek Buruknya

Efek Duduk Terlalu Lama Itung dan Kalkulasilah seberapa banyak saat yang Anda habiskan dalam satu hari cuman untuk duduk. Rutinitas seperti mengemudi, bekerja depan computer dan melihat tayangan dari tv sebagai rutinitas yang mewajibkan Anda untuk duduk. Bisa saja Anda duduk beerjam-jam tiap harinya, tanpa kita sadar jika duduk terlalu lama bisa mengakibatkan permasalahan serius pada kesehatan.

Jika Anda kelamaan duduk, seharusnya mulai saat ini Anda kerap menyelingi duduk Anda dengan berjalan dan mengisap udara segar nan alami. Sebuah bukti tentang kesehatan yang menakutkan tersingkap. Berikut yang terjadi dalam tubuh saat Anda duduk kelamaan dan tidak menyeimbanginya dengan gerak atau minum air putih. Dimulai dari ujung kepala sampai ujung kaki.

Efek Duduk Terlalu Lama

Berikut Bagian Tubuh Terkena Efek Duduk Terlalu Lama

  • Kepala

Duduk kelamaan dapat mengakibatkan gumpalan darah di kepala. Ini disebabkan karena darah yang tidak lancar tersebar dalam tubuh hingga menggumpal di sana. Bahaya yang mengincar ialah penyakit stroke.

  • Leher

Cairan yang ketahan pada bagian sendi dan kaki, dapat naik ke sisi leher di saat malam. Ini mengakibatkan sleep apnea atau stop napas saat tidur.

  • Paru-paru

Untuk mereka yang mempunyai masalah atau riwayat penyakit gagal jantung, hati-hatilah. Duduk kelamaan dapat mengakibatkan cairan masuk di paru-paru Anda.

  • Jantung

Penyakit jantung sering disebabkan karena gaya hidup yang tidak baik. Tetapi untuk mereka yang alami gagal jantung dan sleep apnea, cairan akan menimbun pada bagian leher dan paru-paru sedikit demi sedikit.

  • Perut

Walau kelihatannya cuman sakiti bagian punggung bawah, tetapi duduk kelamaan dapat bawa Anda pada risiko sakit kanker kegemukan dan kolon. Ini karena banyak metabolisme badan seperti pemrosesan lipid terganggu.

  • Pinggang

Efek duduk terlalu lama lainnya adalah bisa menyebabkan sakit pinggang dan punggung, biasanya sakit dan nyeri dipinggang akan terasa sangat menyakitkan. Namun solusi untuk ini biasanya cukup dipijat esoknya kebanyakan akan sembuh dan kembali normal kembali.

  • Paha

Saat Anda duduk, paha ketahan oleh kursi. Cairan yang ada dalam tubuh akan menimbun di situ, mengakibatkan banyak permasalahan seperti diatas.

Lalu Bagaimana Menghindar Permasalahan Di Atas?

Tidak boleh meremehkan keadaan Anda saat bekerja dengan posisi duduk terlalu lama. Anda langsung berhubungan dengan bangku meja, AC, computer dan semuanya, sesungguhnya itu memberi tekanan didalam tubuh Anda.

Tiap satu jam sekali, coba untuk bergerak. Entah itu ke toilet, atau mengisap angin segar di luar ruang supaya paru-paru memperoleh udara alami yang baik. Berjalan akan menolong badan memperlancar kembali metabolismenya hingga tak perlu ada aglutinasi dan masalah kesehatan seperti pada atas.

Sejenak tinggalkan meja kerja sepanjang 5-10 menit dapat beri kesegaran kembali fikiran Anda, menjernihkan penglihatan mata dan memperlancar peredaran darah. Bisa juga mencaoba pergi ketempat pijat atau spa untuk menyegarkan tubuh dan pikiran Anda.

Jika memang tak ada waktu mengunjungi tempat pijat, mungkin Anda bisa mencoba layanan terapis pijat panggilan Surabaya yang bisa Anda panggil ke tempat Anda, entah kantor, rumah, hotel atau apartemen.

Ingat menjaga itu lebih baik dari pada harus mengobati, jadi jangan sampai terlambat. Dan Tidak boleh meremehkan efek duduk terlalu lama di atas. Mudah-mudahan bermanfaat. Terima Kasih.

(dikutip dari berbagai sumber)