28/10/2020

Dari Hati

Dari Hati

Setelah Berhasil Membeli Mobil di Lelang Mobil Bekas, Ikuti 5 Tips Berikut Ini!

Lelang mobil bekas menjadi pilihan banyak orang yang sedang berburu mobil bekas berkualitas dengan harga miring. Jika Anda baru saja memenangkan mobil incaran Anda, selamat! Namun sebelum berjalan-jalan dengan mobil baru, ada baiknya Anda memperhatikan beberapa tips berikut ini.

1.    Tanyakan Sejarah Mobil

Tentu Anda tidak tau persis bagaimana pemakaian mobil oleh pemilik sebelumnya, bagaimana riwayat mobil tersebut apakah mobil tersebut pernah terendam banjir atau terlibat kecelakaan, lebih baik Anda menanyakan langsung untuk lebih jelasnya. Tanyakan kepada petugas yang berjaga di lelang mobil bekas untuk mengetahui lebih lanjut mengenai riwayat dan seluk beluk mobil tersebut, sehingga nantinya saat Anda membawa mobil tersebut ke bengkel, setidaknya Anda telah memiliki gambaran bagaimana kondisi mobil tersebut. 

2.    Perhatikan Bodi Mobil

Hal penting yang perlu Anda perhatikan sesaat setelah menang mobil di lelang mobil bekas adalah memperhatikan kondisi bodi mobil, apakah terdapat cat yang mengelupas, atau terdapat goresan maupun lecet pada bagian bodi mobil Anda. Jika iya, tak perlu khawatir. Anda dapat memoles dan mengecat kembali mobil Anda agar tampak seperti baru lagi. Untuk memoles bodi, Anda dapat menggunakan cairan khusus poles. Lalu untuk pengecatan, Anda tentu harus membawa ke ahlinya agar mobil Anda terlihat mengkilap dan mulus kembali. 

3.    Periksa Kondisi Mesin

Tentu bagian mesin tak boleh luput dari perhatian Anda, karena kondisi mesin adalah hal penting yang wajib Anda perhatikan. Anda dapat membawa mobil ke bengkel dan mintalah mekanik untuk melakukan pergantian oli mesin. Karena oli bekas bawaan mobil tersebut mungkin saja sudah dipakai cukup lama, sehingga dari segi warna terlihat lebih keruh, kekentalan oli berkurang, dan terdapat kotoran pada oli.
Setelah penggantian oli, bagian-bagian lain seperti radiator dan filter mesin juga tak boleh luput untuk dibersihkan. Karena radiator dan filter mesin yang kotor tentu akan berdampak pada performa mobil saat Anda gunakan. Jika oli, radiator, serta filter mesin telah kembali bersih tentu kondisi mesin mobil akan semakin baik dan nyaman saat Anda gunakan untuk berkendara.

4.    Cek Sistem Kelistrikan

Tak kalah penting dengan mesin, Anda juga perlu untuk memeriksa sistem kelistrikan mobil tersebut. Hal umum yang dapat Anda lakukan adalah mengecek bagaimana kondisi aki mobil tersebut. Dengan mengecek aki mobil, Anda dapat mengetahui besar daya aki yang mampu disalurkan ke komponen-komponen lain yang membutuhkan.
Tak hanya itu, Anda juga perlu mengecek alternator mobil Anda, karena alternator berfungsi sebagai penyalur listrik saat mesin mobil dihidupkan. Cara mengeceknya, Anda hanya perlu menyiapkan kunci pas atau obeng. Untuk dapat mengetahui besar daya magnet alternator mobil, Anda hanya perlu menempelkan kunci pas atau obeng ke pulley alternator.

5.    Cek Kondisi Kaki-Kaki

Hal terakhir yang perlu Anda periksa setelah membeli mobil di lelang mobil bekas adalah kaki-kaki mobil. Karena mungkin pemilik terdahulu sering mengendarai mobil di medan yang kurang baik, sehingga berdampak pada rusaknya kaki-kaki mobil. Umumnya bagian yang terkena dampaknya adalah shockbreaker. Jika shockbreakerdalam kondisi yang kurang baik, tentu akan mengurangi kelincahan dan kenyamanan Anda saat berkendara. Oleh karena itu, lakukan pengecekan shockbreaker baik itu piston, karet sil, bearing, atau komponen lainnya.
Nah, itu tadi 5 tips yang dapat Anda lakukan sesaat setelah membeli mobil di lelang mobil bekas. Mulai dari menanyakan sejarah mobil, memperhatikan bodi mobil, memeriksa kondisi mesin, mengecek sistem kelistrikan, hingga mengecek kondisi kaki-kaki. Untuk informasi mengenai lelang mobil bekas Anda dapat mengunjungi Balai Lelang Serasi IBID.