18/04/2021

Dari Hati

Dari Hati

Tips Mengatasi Ketombe Dengan Shampo

Tips Mengatasi Ketombe Dengan Shampo

Rambut Berketombe? Pasti sudah membayangkan rambut penuh butiran putih yang membuat gatal, sebenarnya Ketombe itu apa sih? Ketombe atau dandruff merupakan serpihan-serpihan kulit kepala yang berwaran putih atau abu-abu yang bersifat kronik yang berminyak, tetapi serpihan tersebut tidak melekat dikulit kepala, banyak ditemukan di permukaan kulit kepala. Gejala memiliki ketombe ini umumnya seperti : gatal-gatal di bagian ketombe tersebut berada dan rasa yang kering di kulit kepala sehingga serpihan2 itu akan sering jatuh ke bahu atau menempel di helaian-helaian rambut.

Kenapa Ketombe bisa muncul di kulit kepala? Ada berbagai factor yang menyebabkan munculnya ketombe, antara lain: Penyakit Dermatitis Seboroik dan Jamur Malassezia sp. Penyakit ini ditandai dengan kulit memerah dan berminyak, dimana penyakit ini banyak ditemui didaerah-daerah yang memiliki banyak kelenjar minyak, seperti : alis, hidung, dada dan juga di belakang telinga. Penyakit dermatitis ini salah satu penyebab ketombe yang paling banyak ditemui. Selain Dermatitis seboroik penyebab ketombe adalah jamur yang hidup di kulit kepala yang bernama Malassezia sp, dimana jamur ini timbul jika kondisi di kulit kepala mengalami kondisi udara yang panas dan lembab secara terus menerus

Selain dikarenakan penyakit dan jamur jika kita kurang rajin untuk mencuci rambut yang mengakibatkan sel kulit mati akan bertumpuk di kulit kepala, sehingga dapat menyebabkan ketombe. Dan juga harus perhatikan untuk penggunaan produk perawatan rambut, karena bagi Sebagian orang yang sensitive jika salah menggunakan produk perawatan rambut akan membuat kulit kepala menjadi hypersensitivitas meradang dan memerah, dan semakin lama akan menjadi ketombe.

Sebenarnya Ketombe yang ada dikulit kepala bisa disembuhkan atau dibersihkan, sehingga tidak lagi menjadi masalah rambut. Antara lain adalah konsultasi dengan dokter kulit untuk kasus yang sudah sangat berat. Untuk ketombe pada umumnya bisa diobati atau dibersihkan dengan shampo anti ketombe yang bagus, dimana shampoo anti ketombe tersebut dapat mengurangi minyak kulit kepala dan juga membersihkan sel kulit mati. Tetapi jika terjadi hypersensitivitas di kulit kepala seperti gatal, kemerahan, rasa terbakar setelah menggunakan produk perawatan maka hentikan segera penggunaan produk tersebut. Alergi juga bisa muncul akibat dari hypersensitivitas tetsebut, dan itu harus segera mendapatkan penanganan medis.

Shampoo anti ketombe yang bagus bisa dilihat dari kandungan produknya, dan sebagai konsumen harus pintar-pintar memilih yang sesuai dengan kondisi kulit kepala masing-masing. Ada berbagai kandungan dalam shampoo anti ketombe yaitu : Shampo yang mengandung zink pyrithione agen antibacterial dan antifungal, sehingga dapat mengurangi jamur dikulit kepala. Selain itu shampoo berbasis Tar, Tar ini bisa membantu ketombe yang disebabkan oleh penyakit dermatitis seboroik, karena dapat memperlambat produksi sel kulit mati. Selain konsultasi dengan dokter dan penggunaan shampoo, Pengendalian Strees itu bisa juga mengurangi Kesehatan di kulit kepala lho.