19/04/2021

Dari Hati

Dari Hati

menaikan peringkat website

Tips SEO WordPress untuk Meningkatkan Peringkat Mesin Pencari

Tips SEO WordPress untuk meningkatkan ranking

Jika Anda ingin peringkat yang baik di halaman hasil mesin pencari, maka Anda perlu menganggap serius SEO. Untungnya, menggunakan WordPress , Anda sudah selangkah lebih maju, karena ramah SEO sejak awal. Itu juga salah satu dari banyak alasan mengapa orang memilih WordPress sejak awal.

Namun, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan SEO WordPress. Untuk memudahkan Anda, kami telah membuat panduan ini. Di bawah ini Anda akan mempelajari 30 tip terbaik yang dapat Anda gunakan untuk meningkatkan lalu lintas situs web Anda.

Jika Anda lebih suka membaca, simak tips dan trik di bawah ini.

  1. Install Plugin SEO WordPress

WordPress sudah memiliki beberapa fitur SEO bawaan yang sangat baik. Namun, Anda dapat meningkatkan pengoptimalan mesin telusur Anda ke tingkat berikutnya dengan menggunakan plugin SEO. Plugin SEO terbaik di pasaran adalah Yoast SEO; sebenarnya, itulah yang kami gunakan di sini di Hostinger.

Dengan plugin ini, Anda dapat dengan sempurna mengoptimalkan setiap halaman dan posting untuk kata kunci pilihan Anda. Ini juga mencakup analisis berdasarkan pembaruan algoritme terbaru. Anda bahkan dapat membuat peta situs XML dan menambahkan markup skema ke situs web Anda.

Untuk mengatur SEO dengan Yoast, navigasikan ke dasbor WordPress Anda, dan pilih Plugins ›Add New . Di bilah pencarian ketik Yoast SEO dan klik I nstall Now.Tip SEO WordPress – siapkan plugin Yoast SEO

Terakhir, klik Activate . Plugin SEO by Yoast sekarang berjalan di situs Anda, dan Anda dapat mengaksesnya dengan mengklik ikon Yoast SEO di menu sebelah kiri. Anda juga dapat melihat panduan mendalam kami tentang cara menggunakan plugin Yoast SEO untuk potensi maksimal.

  1. Lakukan Riset Kata Kunci

Memilih untuk melakukan penelitian kata kunci akan membuat atau menghancurkan strategi SEO WordPress Anda. Melakukan penelitian kata kunci akan memungkinkan Anda untuk:

  • Buat konten yang sebenarnya dicari pengunjung Anda.
  • Kembangkan pemahaman yang lebih baik tentang apa yang dibutuhkan pasar Anda.
  • Lacak keberhasilan semua yang Anda tulis.
  • Hasilkan lalu lintas yang berharga untuk situs Anda.

Ada berbagai alat yang akan membantu Anda dengan penelitian kata kunci. Beberapa alat teratas termasuk KWFinder , SEMRush , dan bahkan Perencana Kata Kunci Google.

Meskipun banyak posting dapat ditulis hanya pada penelitian kata kunci, dasar-dasarnya adalah sebagai berikut:

  • Buat daftar kata kunci target yang terkait dengan topik Anda.
  • Masukkan kata kunci tersebut ke dalam alat penelitian kata kunci untuk menemukan kata kunci yang menerima volume lalu lintas yang layak, dan memiliki persaingan yang lebih rendah.
  • Teliti pesaing dengan menjalankan situs serupa melalui alat penelitian kata kunci. Kemudian lihat kata kunci mana yang paling banyak menghasilkan lalu lintas.
  • Lihat kata kunci mana yang memiliki persaingan cukup rendah di mana Anda dapat bersaing.

Untuk informasi lebih lanjut tentang penelitian kata kunci, luangkan waktu untuk membaca posting ini:

  • Bagaimana Melakukan Riset Kata Kunci
  • Riset Kata Kunci untuk SEO
  • Setelah daftar kata kunci Anda dibuat, sekarang saatnya untuk mulai membuat konten dan mengoptimalkannya dengan tip di daftar ini.

Jangan lupa juga untuk menargetkan longtail keyword diawal, agar persaingan keyword tidak terlalu tinggi. Misalnya kami menargetkan keyword ” Jasa Backlink Murah Berkualitas” untuk menargetkan keyword “Jasa Backlink” untuk jangka panjang.

  1. Aktifkan Visibilitas Mesin Pencari

Ada opsi bawaan di dalam WordPress yang akan menyembunyikan situs Anda dari mesin pencari .

Anda mungkin menemukan opsi ini berguna saat pertama kali membangun situs web Anda, tetapi ini dapat membuat peringkat hampir mustahil. Jika Anda telah menggunakan beberapa tip dalam daftar ini, tetapi tidak melihat peringkat Anda meningkat, mungkin inilah masalahnya.

Untuk melihat apakah pengaturan ini aktif, navigasikan ke Pengaturan ›Membaca dari dalam dasbor WordPress. Gulir ke bawah, dan Anda akan melihat bagian yang disebut Visibilitas Mesin Pencari .

  1. Sesuaikan Struktur Permalink

Saat Anda pertama kali menginstal WordPress, posting dan halaman situs Anda akan memiliki struktur URL WordPress default yang aneh. Struktur default ini tidak bagus untuk SEO Anda.

Struktur tautan permanen URL yang paling ramah mesin telusur adalah pengaturan Nama pos . Dengan beralih ke pengaturan ini, Anda akan dapat memasukkan posting blog atau judul halaman dan bahkan kata kunci di URL Anda. Untuk mengubah pengaturan ini, navigasikan ke Settings ›Permalinks .

Jika Anda membuat perubahan ini di akhir permainan, Anda mungkin perlu mengarahkan ulang URL lama. Anda dapat melakukan ini dengan plugin seperti Change Permalink Helper . Cukup masukkan URL lama Anda, dan mereka akan meneruskan ke URL yang diperbarui.

  1. Tambahkan Situs Anda ke Google Search Console

Menggunakan Google Search Console akan menunjukkan kepada Anda bagaimana kinerja situs web Anda saat ini di mesin pencari, dan memperingatkan Anda tentang kesalahan di seluruh situs yang dapat mempengaruhi peringkat hasil pencarian Anda.

Untuk menambahkan situs Anda, mulailah di Google Search Console dan masukkan Domain atau awalan URL Anda . Selanjutnya, klik lanjutkan .

halaman selamat datang konsol pencarian google untuk menambahkan situs web Anda

Jika Anda memasukkan domain atau subdomain, Anda perlu memverifikasinya di penyedia hosting web Anda. Cukup ikuti instruksi yang terdaftar dan klik verifikasi .

verifikasi contoh untuk menambahkan domain Anda di konsol pencarian google

Jika Anda memasukkan Awalan URL, Anda juga akan melihat opsi berbeda yang tersedia bagi Anda untuk memverifikasi situs Anda.

Salah satu metode verifikasi termudah adalah  tag HTML . Mari kita lihat cara menggunakan metode ini.

Salin kode tag meta, lalu buka dasbor WordPress Anda. Untuk menambahkan kode ini ke header kami, kami akan menggunakan plugin WordPress. Arahkan ke Plugins ›Add New , lalu cari Insert Headers and Footers .

Instal dan aktifkan plugin yang ditunjukkan pada gambar di atas. Selanjutnya, buka plugin dengan masuk ke Settings ›Insert Headers and Footers .

Menggunakan plugin WordPress insert header dan footer untuk menambahkan kode

Sekarang tempel kode ke dalam kotak yang berlabel Skrip di Header , dan klik Simpan . Terakhir, navigasikan kembali ke Google Search Console dan klik tombol Verifikasi . Verifikasi akan terlihat seperti di bawah ini.

Sumber : https://www.azhima.id/extension-chrome-untuk-seo