21/06/2021

Dari Hati

Dari Hati

Yakuza, Geng Legendaris di Jepang

Kamu yang gemar saksikan film atau mendengar cerita mengenai Jepang tentu tak asing dengan nama yakuza. Meski familier, ternyata tak semua orang jelas apa sesungguhnya yakuza itu. Untuk kamu yang belum banyak jelas soal yakuza, yuk cari jelas lebih dalam melalui ulasan selanjutnya ini.

Geng Legendaris di Jepang
Yakuza merupakan geng kejahatan terbesar di Jepang yang terhitung mengambil perhatian dunia. Di kenal sebagai organisasi legendaris, rupanya mafia beresiko ini udah ada sejak zaman Samurai atau lebih kurang 4 abad lalu, lho.

Tepatnya terhadap th. 1612, Shogun Tokugawa berhasil menghalau penguasa pada mulanya yakni Shogun Kasai. Pada th. itu pula keluarga Shogun Tokugawa pertama kali membentuk yakuza. Mulanya, yakuza dikenal sebagai sindikat penjaja barang terlarang, para penjudi, dan pencuri. Tapi, kala ini geng legendaris selanjutnya dikenal sebagai organisasi kejahatan terbesar di Jepang bahkan jaringannya udah meluas sampai ke semua dunia.
Struktur Organisasi Yakuza
Sebenarnya yakuza merupakan organisasi kejahatan yang terdiri dari beragam group dengan suku asal yang berbeda. Untuk mengatur kumpulan group yang ada, yakuza dipimpin oleh Kumicho, seseorang yang miliki wewenang memberikan ketentuan kepada bawahannya.

Sementara di dalam sebuah group miliki hierarki bernama oyabun dan kobun. Oyabun miliki peran layaknya seorang papa agar wajib dihormati dan dipatuhi oleh kobun yang berperan sebagai anak.
Apabila kobun berperilaku baik dan juga patuh, maka oyabun bersedia memberikan saran, perlindungan, sekaligus menambah martabat kobun tersebut. Sebaliknya, terkecuali kobun tidak patuh terhadap oyabun maka kobun akan dikenakan hukuman serius.

Punya Tradisi Potong Jari
Terkait dengan poin sebelumnya, kobun akan dikenakan hukuman sungguh-sungguh kalau melanggar oyabun. Hukuman yang paling kerap terjadi ialah memotong satu ruas jari untuk seterusnya diserahkan kepada kumicho sebagai permohonan maaf. Tradisi ini dikenal sebagai yubitsume.

Satu kekeliruan ditebus dengan memotong satu ruas jari diawali dari jari kelingking. Semakin banyak kesalahan, maka tambah banyak pula ruas jari yang hilang akibat dipotong. Hal ini dilaksanakan sebagai bentuk kesetiaan. Bukan cuma itu, bagi bagian yang mengundurkan diri dari yakuza terhitung melakukan
Namun, di jaman moderen layaknya sekarang, yubitsume cuma tinggal sejarah. Pasalnya, pemerintah Jepang sendiri udah mengeluarkan ketentuan tegas untuk melarang siapa saja melaksanakan yubitsume.

Identik dengan Tato di Sekujur TubuhDahulu, bagian yakuza sama dengan tato di sekujur tubuhnya. Bukan sekadar untuk menunjukkan pembawaan maskulin, melainkan ada cerita di balik tiap-tiap tato yang diukir di tubuh mereka.

Ada sebagian motif yang paling kerap ditemukan dalam tato yakuza, di antaranya adalah ikan koi yang merepresentasikan ketekunan, naga yang melambangkan kebijaksanaan dan keberanian, dan juga burung phoenix sebagai lambang kelahiran kembali dan kemenangan.
Di abad 21 layaknya sekarang, banyak bagian yakuza yang menjaga tubuh mereka bersih dari tato agar dapat membaur dengan masyarakat.

Yakuza Juga Punya Anggota Perempuan, Lho
Meski dikenal sebagai geng kejahatan, tapi bagian yakuza terhitung ada yang perempuan, lho. Lalu, apa tugas para perempuan yakuza? Umumnya mereka bertugas untuk menemani para pemimpin atau menjadi wanita simpanan bagian yakuza bagi yang tinggal atau kerja di Jepang pasti paham ya ?   Perempuan yakuza terhitung lekat dengan dunia malam dan juga seks bebas.

Kabarnya, pernah sehabis Perang Dunia II, tepatnya di Yokohama dan Tokyo pernah ada pemimpin yakuza perempuan. Biasanya hal semacam ini terjadi dikarenakan si wanita menggantikan peran suaminya yang udah meninggal.
Itulah fakta menarik seputar yakuza yang wajib kamu tahu. Meski dikenal miliki stigma negatif, bagian yakuza ternyata miliki jiwa solidaritas yang tinggi. Saat gempa bumi melanda Kumamoto, Jepang 2016 lalu, geng dunia hitam ini menjadi orang pertama yang tiba di lokasi untuk memberi bantuan.