5 Kumpulan Doa saat Naik Pesawat dari Semua Ajaran Agama | Popmama.com

Masih banyak Muslim yang beranggapan bahwa doa itu hanya kegiatan untuk memohon atau meminta saja. Padahal, memanjatkan doa juga merupakan salah satu bentuk ibadah kepada Allah SWT.

Dengan memanjatkan doa pada setiap kegiatan, tentu saja kita akan mendapatkan dua manfaat sekaligus, yakni berharap dikabulkannya permohonan serta mendapatkan pahala dari Allah SWT.

Setiap Muslim sangat dianjurkan untuk memanjatkan doa sebelum dan sesudah menjalankan aktivitas. Begitu pula dengan doa sebelum berpergian maupun sesudah tiba di tempat yang dituju.

Nah, untuk kamu yang ingin tahu bacaan doa berpergian dan artinya, simaklah baik-baik ulasannya di bawah ini.

  • Doa Ketika Menaiki Kendaraan

Subhaanal ladzii sakhoro lanaa haadzaa wa maa kunnaa lahuu muqriniina wa innaa ilaa robbinaa lamung qolibuuna

Artiya : “Maha suci Allah yang memudahkan ini (kendaraan) bagi kami dan tiada kami mempersekutukan bagi-Nya, dan sesungguhnya kami akan kembali kepada Tuhan kami.”

  • Doa Ketika Menempuh Perjalanan Jarak Jauh

Allhoumma hawwin ‘alainaa safaranaa hadzaa waatwi ‘annaa bu’dahu. Allhumma antashookhibu fiissafari walkholiifatu fiil ahli

Artinya : “Ya Allah, mudahkanlah kami berpergian ini, dan dekatkanlah kejauhannya. ya Allah yang menemani dalam berpergian, dan Engkau pula yang melindungi keluarga.”

  • Doa Setelah Tiba di Tempat Tujuan

Allahumma rabbas samaawaatis sab’i wamaa adhlalna wal aradiinas sab’i wamaa aqlalna warabbasy syayaathiini wamaa adhlalna warabbar riyaahi wamaa dzaraina as-aluka khaira haadzihil qaryati wakhaira ahlihaa wakhaira maa fiihaa, wana’uudzu bika min syarri haa wa syarri ahlihaa wa syarri maa fihaa

Artinya : “Ya Allah Rabb pemilik tujuh lapis langit dan apa yag dinaunginya, Rabb tujuh lapis bumi dan apa yang dikandungnya, Rabb para syetan dan apa yag disesatkannya dan Rabb angin dan apa yang dihembuskannya, aku mohon kepadaMu kebaikan daerah ini, kebaikan penduduknya, serta kebaikan yang ada di dalamnya. Aku berlindung kepadaMu dari keburukan daerah ini, keburukan penduduknya serta keburukan yang ada di dalamnya.” (HR. Hakim, Ibnu Hikam dan Baihaqi).

  • Doa Ketika Mengantar Seseorang Dalam Perjalanan

Allahummathwi lahul ba’ida (bu’da) wa hawwin ‘alayhis safara

Artinya : “Ya Allah, dekatkan jarak tempuhnya yang jauh dan mudahkanlah perjalanan baginya.

Adab Dalam Berpergian

  1. Disunnahkan Untuk Tidak Pergi Sendirian

Anjuran yang satu ini tidak hanya berlaku bagi kaum perempuan saja, melainkan juga pria. Rasulullah SAW menganjurkan agar kita mencari kawan yang dapat menemani selama menempuh perjalanan. Hal itu bukan tanpa alasan, karena keberadaan kawan akan membuat perjalanan lebih aman serta bisa meminta pertolongan ketika terjad sesuatu yang tidak terduga.

  1. Mencari Teman Safar yang Baik

Selain disunnahkan utuk tidak berpergian seorang diri, kita juga dianjurkan untuk mencari kawan baik yang bisa menemani perjalanan.

Dengan mengajak teman yang baik, tentu saja ia akan selalu melakukan hal-hal yang baik pula. Ya, seperti mengingatkwan waktu sholat, memberi makan atau minum, dan kebaikan lainnya.

  1. Usahakan Untuk Tidak Menjamak Sholat

Sebenarnya seseorang boleh menjamak sholatnya ketika sedang dalam perjalanan jauh. Namun, sebaiknya usahakan untuk tidak menjamak sholat jika memang tak ada kesulitan.

Seandainya memungkinkan untuk menunaikan sholat di tepat waktu, pastinya akan lebih utama melaksanakan sholat wajib sesuai jadwal tanpa harus menjamaknya. Dalam hal ini, seseorang lebih dianjurkan untuk mengqashar sholatnya.

Bahkan anjuran mengqashar sholat ini hukumnya adalah sunnah muakkad. Namun perlu diketahui, bahwa Sholat Maghrib dan Shubuh tidak bisa di qashar.

By sartika