18/04/2021

Dari Hati

Dari Hati

Yuk Liburan ke Wisata Tangkuban Perahu

Yuk Liburan ke Wisata Tangkuban Perahu

www.foryoutour.co.id – Sebagian besar tempat wisata di Jawa Barat sangat terkenal hingga mancanegara. Tak heran jika banyak wisatawan lokal maupun mancanegara yang mulai menjadikan Jawa Barat sebagai destinasi wisata saat liburan panjang. Salah satu pilihan tempat wisata yang mungkin Anda kunjungi adalah Gunung Tangkuban Perahu. Selain Tangkuban Perahu, masih banyak wisata gunung di sekitar wilayah Jawa Barat. Masing-masing gunung tersebut juga memiliki karakter yang berbeda-beda. Kondisi di sekitar gunung ini masih sangat alami dengan keberadaan pepohonan yang cukup besar. Salah satu jenis pohon yang bisa Anda temukan adalah Pinus Rahong.

Yuk Liburan ke Wisata Tangkuban Perahu

Padahal, di sekitar gunung tersebut terdapat kawasan yang memang merupakan hutan alam Pinus Rahong. Kondisi tersebut membuat kawasan sekitar gunung terlihat sangat sejuk meski Anda berkunjung pada siang hari. Sifat pegunungan yang masih alami menjadikan gunung ini termasuk dalam kawasan tipe hutan Dipterocarp. Hal inilah yang menjadikan Tangkuban Perahu juga masuk dalam kategori taman wisata alam di Bandung. Pengelolaan taman wisata ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab Perum Perhutani secara langsung.

Hal yang paling menarik dari tempat wisata di Bandung ini adalah banyaknya kawah yang dimilikinya. Gunung Tangkuban Perahu memiliki 3 kawah dengan karakter dan kondisi yang berbeda. Kawah ini sering menjadi tempat yang populer bagi pengunjung. Bahkan tak sedikit pula pengunjung yang mengabadikan momen di kawah ini dengan berfoto ria. Beberapa kawah di gunung ini terdiri dari:

  1. Kawah Ratu

Inilah kawah yang memiliki ukuran paling lebar dibandingkan kawah lainnya. Luas total kawah ini mencapai 8 ribu meter persegi. Salah satu daya tarik yang ditawarkan Kawah Ratu adalah pesona alam yang eksotis yang tidak ditemukan di tempat lain. Untuk mencapai kawah ratu anda harus menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat yang sudah disediakan oleh pengelola. Hal yang menarik dari Kawah Ratu adalah kontur dinding kawahnya yang sangat unik dan sering dijadikan background foto banyak pengunjung.

  1. Kawah Domas

Pilihan kawah yang bisa Anda nikmati saat mengunjungi tempat wisata di Jawa Barat adalah kawah Domas. Salah satu daya tarik kawah domas adalah luncuran bebatuan di sekitar tepi kawah yang memiliki warna putih. Namun, ada juga beberapa bagian rongga kawah yang memang memiliki tampilan berwarna kuning. Pada waktu-waktu tertentu, bagian rongga ini mengeluarkan asap belerang yang kental. Pengelola kawasan ini juga kerap memberikan peringatan agar tidak terlalu lama berada di rongga.

  1. Kawah Upas

Inilah kawah yang dianggap tidak terlalu populer di kalangan pengunjung. Ini karena bau belerang dianggap terlalu menyengat. Pihak pengelola dinilai belum memaksimalkan fasilitas penting dari objek wisata ini. Anda tidak akan melihat pembatas tebing yang memberikan keamanan bagi pengunjung. Meski demikian, kawah ini juga masih menyuguhkan panorama yang sangat mengagumkan. Apalagi jaraknya dari kawah lain hanya sekitar 1 KM. Jika ingin menikmati pemandangan kawah Upas sebaiknya menggunakan alas kaki yang mumpuni.

Informasi Umum

Bagi anda yang ingin berlibur dan mengunjungi tempat wisata Gunung Tangkuban Perahu, lokasi tepatnya ada di Jalan Raya Tangkuban Perahu, Kecamatan Lembang. Tempat ini masih termasuk dalam wilayah administrasi Kabupaten Bandung Barat. Pengelola menerapkan harga tiket berbeda berdasarkan hari dan asal. Pengunjung yang ingin memasuki kawasan Gunung Tangkuban Perahu akan dikenakan biaya Rp. 20.000 untuk hari biasa dan Rp. 30.000 untuk liburan. Namun bagi Anda yang ingin menikmati seluruh kawasan Taman Wisata Alam di tempat ini dikenakan biaya sebesar Rp. 20.000 – Rp. 30.000 untuk turis lokal dan turis asing akan dikenakan biaya Rp. 200.000 – Rp. 300.000 per orang.